Kades Orawa Buka Jalan Pakai Dana Desa – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Kades Orawa Buka Jalan Pakai Dana Desa

Artis Abbas

Artis Abbas

TIRAWUTA, BKK- Kepala Desa Orawa Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Artis Abbas menyatakan dirinya membuka jalan baru menggunakan dana desa dari Kementerian Desa, jalan seluas 10 kilometer (km).

“Untuk 2015 ini, dana desa untuk kegiatan fisik saya fokuskan pada satu item, yakni membuka jalan baru sepanjang 10 km,” katanya, Kamis (3/9).

Menurut Tis panggilan akrab Artis Abbas, pembangunan jalan baru ini melewati enam dusun. Diakui, pada saat menyampaikan idenya membangun jalan baru ke masyarakatnya, yang mana lokasi yang dilalui jalan tidak diberikan kompensasi, masyarakat menghibahkan secara ikhlas. Namun, ada segelintir masyarakat yang keberatan dan memprotes hal itu.

“Memang ada yang sempat konplain, tapi setelah saya lakukan pendekatan, dan melihat manfaat dari pembukaan jalan baru, justru dia datang minta maaf dan berterima kasih pada pemerintah,” ungkapnya.

Diungkapkan, dana desa yang diterima desa Orawa sebesar Rp 272 juta. Dana ini baru cair pada 31 September 2015 sebesar 20 persen dari dana yang mereka terima tahun ini. Ketika cair, akan langsung menyewa alat berat, sehingga dalam waktu tiga hari, pekerjaan sudah terbuka empat km, dan ditargetkan dalam waktu 10 hari sudah tuntas.

Pengerjaan melibatkan masyarakat, tanpa ditenderkan. Diharapkan dapat melebihi target 10 km, minimal kelebihan 500 meter. Dibukanya akses jalan baru, menurut Tis, karena Desa Orawa merupakan bagian dari ibu kota Kabupaten Koltim. (k3/iis)

To Top