Dua Kecamatan dan 26 Kelurahan Deklarasi Setop BABS – Berita Kota Kendari
Beranda

Dua Kecamatan dan 26 Kelurahan Deklarasi Setop BABS

KENDARI, BKK – Disaksikan staf ahli Kementerian Kesehatan RI Bidang Perlindungan Kesehatan Sry Heni Susilowati dan Wali Kota Kendari Asrun yang didampingi oleh seluruh jajarannya dan Kepala Dinkes Provinsi Sultra dr Asrum, sebanyak dua Kecamatan dan 26 Kelurahn di Kota Kendari mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang bertempat di lapangan sepakbola Anduonohu, Rabu (2/9).

Dua kecamatan yang deklarasi yaitu Kecamatan Poasia dan Kambu, sedangkan untuk kelurahan yang juga melakukan deklarasi di tempat yang sama yaitu Kelurahan Watuwatu, Sanua, Anaiwoi, Pondambea, Bende, Mataiwoi, Wundudopi, Lepolep, Abeli Dalam, Labibia, Kandai, gunung Jati, Mata, Mangga Dua, Abeli , Nambo, Sambuli, Rahandounua, Anduonohu, Anggoeya, Matabubu, Kambu, Lalolara, Mokoau, Padaleu, Watu-Watu, Sanua, Anaiwoi, dan Kelurahan Bende.

Dalam sambutannya Sry Heni Sutiawati mengatakan, deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan/ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dengan kemandirian mampu mengubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen tinggi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan,” katanya.

Sri berharap Kota kendari akan menjadi percontohan bagi daerah lain di Sultra untuk melakukan perubahan pola hidup warganya agar tidak buang air besar sembarangan. “Kalau memang bisa seluruh Kecamatan dan kelurahan yang belum mendeklarasikan Stop BABS ini bisa segera mendeklasikan diri,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari Asrun berharap kepada kelurahan dan kecamatan lain yang belum deklarasi stop buang air besar sembarangan agar memiliki komitmen untuk menuju ke arah itu.

“Bagi Kecamatan dan Kelurahan yang sudah mendeklarasikan Stop BABS ini juga masuk dalam pemantaun saya. Saya tidak mau tau, kalau saya berada di Kecamatan dan Kelurahan yang sudah komitmen harus ada MCK-nya,” tegasnya. (m1/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top