Beras Konawe Akan Dilabelisasi – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Beras Konawe Akan Dilabelisasi

User comments

User comments

Unaaha, BKK- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Gusli Topan Sabara mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun rancangan peraturan daerah (raperda) soal beras berlabel Konawe.

Setelah regulasi ini ditetapkan maka setiap hasil produksi pangan asli Konawe yang didistribusi keluar wajib dipasangkan label tersebut.

“Produksi beras Konawe sudah banyak keluar hingga ke Pulau Jawa. Dan, ini banyak diminati oleh masyarakat tersebut. Namun yang kita sayangkan hasil pertanian ini kerap tidak dipasangkan label daerah, sehingga kurang monyosialisasikan daerah penghasilnya,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/9).

Menurutnya, label hasil produksi Konawe wajib dicantumkan. Karena hal ini sekaligus mensosialisasikan daerah Kabupaten Konawe sebagai daerah pusat produksi pertaniaan unggulan di Sultra, juga di Indonesia.

“Selain bersosialisasi. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada para petani,” alasnya.

Dikatakan, hasil pangan di Kabupaten Konawe sejak dahulu menjadi unggulan potensi daerah, sehingga DPRD akan terus mendukung peningkatan produktivitasnya, seperti mengawal kebijakan pemkab yang berkaitan dengan pengembangan sektor pertanian.

Ia menambahkan, belum lama ini Komisi II DPRD Konawe melakukan rapat koordinasi oleh Dinas Pertanian (Distan) setempat. Beberapa item persoalan yang masih perlu untuk dikembangkan yakni bantuan pupuk petani.

“Subsidi bantuan pupuk sebagai stimulan kepada petani akan ditingkatakan. Karena, kerap para tengkulak bermain di tingkat petani. Dengan mendistribusikan pupuk kepada mereka. Supaya hasil pertaniannya dijual murah,” tuturnya. (k1/iis)

To Top