21 Suara Diperebutkan di Musda Golkar – Berita Kota Kendari
Suksesi

21 Suara Diperebutkan di Musda Golkar

Muh. Basri

Muh. Basri

KENDARI, BKK – Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) versi Aburizal Bakrie dilaksanakan hari ini, Jumat (4/9) di Hotel Clarion Kendari pada pukul 14.00 Wita.

Sekretaris DPD Golkar Sultra Muhammad Basri menyatakan, calon akan memperebutkan 21 suara. Yakni, untuk 17 DPD kabupaten atau kota masing-masing memiliki jatah satu suara. DPD provinsi dan dewan pimpinan pusat (DPP) masing-masing juga mendapatkan satu suara.

Dua suara lainnya, lanjut Basri, akan diberikan oleh ormas pendiri dan ormas didirikan. Untuk ormas pendiri terdiri dari Kosgoro, Soksi dan MKGR. Sedangkan ormas didirikan seperti Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), AMPI, MDI dan AWK.

Baik ormas pendiri dan didirkan, lanjut Basri mekanisme pemberian suaranya dengan voting block. Artinya, ada kesepakatan di internal keduanya untuk memberikan suara dukungan kepada kader yang akan maju di Musda Golkar.

“Untuk ormas pendiri dan didirikan harus sepakat untuk mendukung satu calon,” terang Basri.

Menurut Basri, pelaksanaan musda sudah direncanakan jauh hari. Pihaknya, telah mempersiapkan segala kebutuhan baik surat menyurat kepada seluruh DPD kabupaten atau kota dan pengurus di tingkatan provinsi. Ia memastikan, seluruh pengurus di kabupaten akan hadir.

“Kita sudah siapkan secara matang. Dan kami pastikan kader hadir semua,” katanya.

Mengenai siapa yang akan maju, Basri belum bisa menyebutkannya. Sebaba, alas dia, kader yang dipastikan maju baru bisa diketahui hari ini setelah dilakukan paripurna pembukaan musda dan meminta kepada DPD atau kader mengajukan bakal calon.

“Teknisnya besok baru ditahu. Sekarang, masih sebatas persiapan dulu,” ujarnya.

Saat ditanyakan pengurus DPP yang akan hadir, Basri belum bisa menyebutkannya. Sebab, kata dia, yang sedang konsultasi dengan DPP adalah Ketua DPD Golkar sendiri Ridwan ST.

“Yang tahu pasti pak Ridwan. Karena, beliau akan hadir besok bersama pengurus DPP,” pungkasnya. (r1/lex)

Click to comment
To Top