Menkeu: Anggaran Pemerintah Baru Cair April – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Menkeu: Anggaran Pemerintah Baru Cair April

#Ekonomi RI Sedang Lesu

Bambang Brodjonegoro

Bambang Brodjonegoro

Jakarta -Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I-2105 diprediksi sulit menembus 5 persen. Tentunya, proyeksi ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun-tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, lesunya ekonomi karena belanja pemerintah yang belum terserap di Januari-Maret 2015. Sebab Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 baru disahkan Februari.

“Belanja baru akan efektif di bulan April,” tegas Bambang di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (28/4)

Sementara itu, perlambatan ekonomi juga dialami negara-negara yang merupakan mitra perdagangan Indonesia. Sehingga berpengaruh terhadap ekspor barang dari dalam negeri.

“Perlambatan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di seluruh dunia,” sebutnya.

Penyebabnya adalah, rendahnya harga komoditas yang merupakan produk unggulan ekspor Indonesia. Ditambah persoalan harga minyak yang juga memperburuk keadaan.

“Ini utamanya karena harga komoditas lagi rendah. Kemudian karena harga minyak rendah ini, akhirnya harga komoditas enggak pernah rebound (naik). Dengan harga komoditas rendah, di mana indonesia sangat bergantung, itu yang membuat pertumbuhan terganggu,” paparnya.

Bambang masih berharap pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5 persen secara tahunan.

“Pokoknya saya enggak mau bikin forecast (proyeksi). kita masih berharap di kisaran 5 persen sampai akhir tahun. Kita enggak punya proyeksi per kuartal,” pungkasnya.

To Top