Bercak-bercak Putih di Wajah – Berita Kota Kendari
Aneka

Bercak-bercak Putih di Wajah

Konsultasi Kulit

Tanya
Dokter, namaku shinta. Umur ku 16 tahun. Di wajah ku banyak bercak putih kayak panu. Bercak putih muncul setelah aku selesai berenang dari jam 8-10 pagi. Beberapa hari setelah itu aku diantar mama periksa ke dokter kulit.

Dokter itu tanya ke aku apa ada riwayat asma di keluarga? Lalu mama menjelaskan kalau memang ada riwayat asma di keluarga. Lalu dokter itu mengatakan bahwa penyakit kulit yaitu bercak putih yang ada di wajah ku salah satunya adalah karena adanya riwayat asma di keluarga.

Hal itu dapat menyerang kulit yang dapat menyebabkan bercak putih, bisa juga menyerang sehingga dapat mengakibatkan seseorang mudah bersih (kebetulan seperti yang dialami kakak saya yang sering bersin sampai lebih dari 8x setelah bangun tidur, saat malam hari, atau saat terkena sedikit debu).

Setelah itu dokter memberikan obat berbentuk salep yang harus dioles tipis-tipis pada bercak di wajah 2x sehari dan dokter juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya serta jangan sampai terpapar panas matahari secara langsung.

Dokter mengatakan bahwa bercak tersebut susah hilang dan kalau hilang pun akan membutuhkan waktu 2-3 bulan. Namun sudah 1 bulan saya pakai salep itu, bercak putih bukan hilang malah bertambah banyak? Pertanyaan ku, apakah benar tentang penyakit ku itu yang diakibatkan karena riwayat asma atau karena hal lain? Lalu bagaimana caranya supaya bercak putih di wajah ku bisa hilang/tidak semakin bertambah/tidak muncul lagi setelah nantinya hilang?

Jawab
Dear Shinta, bercak putih di wajah bisa bermacam2. Apakah dokter tsb mendiagnosa Shinta Pityriasis Alba? jika ya, memang penyakit ini berkaitan erat dengan riwayat alergi di dalam keluarga, biasanya memang di picu oleh pajanan terhadap sinar matahari dan juga sering sekali terjadi pada anak2 dan remaja, penyakit ini bersifat self limiting disease atau dapat sembuh sendiri apabila pasien menghindari sinar matahari langsung dan sebaiknya jika berenang di bawah jam 7 pagi dan jangan terlalu lama, setelah itu harus langsung mencuci muka dengan air bersih dan sabun yang ringan. Saran saya Shinta kembali kontrol ke dokter sebelumnya dan menayakan secara langsung, karena tidak disebutkan jenis obatnya apa..

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.

Dr.wangSuryani-edit

Diasuh oleh:
Dr. Wang Suryani, Sp.KK

To Top