Tekankan Kedisiplinan pada Siswa – Berita Kota Kendari
Beranda

Tekankan Kedisiplinan pada Siswa

SEKOLAH_________

La Ode Suaib

La Ode Suaib

KENDARI BARAT, BKK – Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika, La Ode Suaib SPd menekankan kedisiplinan kepada seluruh peserta didiknya.

Menurutnya, ada dua komponen yang diterapkan, komponen itu diantaranya adalah kedisiplinan harus dilakukan oleh semua guru yang ada di SMA kartika, terutama wali kela satau orang tua dalam kelas, kemudian Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dimana OSIS sangat berperan dalam penegakkan disiplin.

Di SMA Kartika, yang menjaga pintu masuk pada pagi hari adalah bukan pihak guru, melainkan pihak OSIS. Termasuk semua keperluan yang dibutuhkan oleh sekolah ini baik itu pakaian dan sebagainya semua dikelolah oleh OSIS.

“Disamping itu juga pihak sekolah menyiapkan buku kontrol pengawasan tentang kedisiplinan para siswa siswi yang bersekolah di SMA Kartika ini, buku kontrol ini bertujuan untuk mendata semua pelanggaran yang dilakukan oleh sisiwa setiap hari,” terangnya.

Suaib menambahkan, baik itu kehadirannya maupun masalah-masalah yang dibuat oleh siswa semua ditulis dalam buku kontrol tersebut. Misalnya si A tidak menulis Pekerjaan Rumahnya (PR) maka pelanggaran yang dilakukan oleh siswa ini akan ditulis dalam buku kontrol, hal ini dilakukan agar orang tua siswa yang bersangkutan bisa tahu bahwa anaknya tidak mengerjakan PR hari ini.

“Sekolah juga menyiapkan hukuman atau sanksi kepada siswa yang melanggar, dan sanksi yeng diberikan kepada siswa itu berdasarkan besar kecilnya pelanggaran yang diabuat. Misalnya ada siswa yang terlambat sebanyak tiga kali, maka orang tua siswa yang bersangkutan akan diundang untuk datang disekolah,” tegasnya.

Kata dia, ketika siswa yang melakukan pelanggaran, yang diberikan surat peringatan maka siswa ini terpaksa harus mencari sekolah lain. Bahkan ketika ada siswa yang terlambat pihak osis tidak segan-segan untuk memberikan denda sebesar Rp 4.000 tiap kali terlambat.

Uang hasil denda yang didapatkan dari siswa yang terlambat akan dikelola oleh OSIS untuk kegiatan-kegiatan sekolah nantinya.

“Olehnya itu, saya sebagai kepala SMA Kartika mengharapkan kepada seluruh peserta didik yang ada di SMA kartika ini, agar kiranya bisa menjujung tinggi kedisiplinan yang diterapkan oleh sekolah,” harapnya.

To Top