Lingkar Sultra

Sekolah Belum Miliki Aturan dalam Menentukan Kelulusan Siswa

KENDARI, BKK – Setelah pihak sekolah ditetapkan sebagai penentu dalam menentukan kelulusan terhadap peserta didiknya, saat ini pihak sekolah belum memiliki aturan yang pasti tentang standar kelulusan para siswanya.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kendari, Drs Ali Koa, Rabu (22/4) menyatakan bahwa saat ini pihak sekolah belum memiliki acuan yang pasti tentang standar kelulusan peserta didiknya.

Agar pihak sekolah dalam menentukan kelulusan terhadap peserta didik itu bisa searah dan seragam, pihak sekolah memiliki keseragaman dalam memberikan kelulusan terhadap siswanya.

“Harapan kedepan sebetulnya lebih suka itu jikalau ada aturan kelulusan yang ditentukan oleh baik Dikbud Kota maupun Provinsi se-Kabupaten, agar dalam menentukan kelulusan siswa itu bisa seragam dan acuan yang sama,” tuturnya.

Jadi nanti kedepannya itu, lanjut dia, kalau memang kelulusan siswa ini masih diserahkan di sekolah, sebaiknya kita meminta misalkan kepada dewan pendidikan, Dinas Provinsi dan Kabupaten Kota supaya nanti ada ketentuan yang dibuat tentang persyaratan untuk menentukan lulus dengan tidaknya anak-anak tersebut, serta keseragaman disemua sekolah itu bisa tercipta.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari, Mahdin MPd, Kamis (23/4) menambahkan bahwa sebelum pihak sekolah melakukan dan menentukan lulus tidaknya siswa siswi, terlebih dahulu pihak sekolah akan menggelar rapat dewan guru guna membahas ketentuan-ketentuan dalam memberikan kelulusan terhadap peserta didik.

Dikatakannya, dalam menentukan lulus tidaknya siswa siswi itu, tentu pasti akan ada standar nilai yang harus dipatok oleh pihak sekolah. “Sehingga dalam memberikan kelulusan kepada siswa itu bisa tertata dengan baik,” tambahnya.

Namun memang mestinya sorot dia, harusnya ada pihak yang harus memberikan patokan-patokan nilai sehingga siswa dapat dinyatakan lulus atau tidak, agar tidak menimbulkan permasalahan nanti.

To Top