Satu Tahun Kerja, PNS Sudah Bisa Cicil Rumah – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Satu Tahun Kerja, PNS Sudah Bisa Cicil Rumah

Ilustrasi

Ilustrasi

Jakarta – Pemerintah akan memberikan kemudahan bagi para pegawai negeri sipil (PNS) untuk mendapatkan hunian. Hal ini salah satu bagian dari Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan, salah satu kemudahan yang diberikan yaitu PNS sudah bisa mengajukan kredit kepemilikan rumah minimal satu tahun masa kerja.

“PNS tadinya harus lima tahun dulu untuk bisa dapat rumah, sekarang satu tahun sudah bisa,” ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (23/4).

Dia menjelaskan, alasan pemerintah memberikan kemudahan ini karena setelah lima tahun rata-rata PNS sudah mempunyai banyak cicilan sehingga sulit untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah.

“Kita sadari hambatan perlu diintervensi pemerintah salah satunya PNS. Mereka dalam lima tahun itu sudah banyak yang mengambil cicilan,” tutur dia.

Dengan demikian diharapkan para PNS tidak lagi kesulitan untuk menyicil rumah yang sesuai dengan kemampuannya.

“Mekanismenya kalau konsumen PNS punya mekanisme bisa lewat Bapertarum. PNS jumlahnya sekitar 1,5 juta orang,” tandas dia.

To Top