Lingkar Sultra

Calon Independen di Pilkada Konkep Butuh Koleksi 400 KTP

Unaaha, BKK- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Sarmadan mengatakan, bagi bakal calon perseorangan yang bakalan tampil menjadi salah satu kandidat pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Konawe Kepulauan (Konkep) Desember 2015, minimal harus punya dukungan 10 persen dari jumlah penduduknya.

Sehingga, disarankan kepada calon kandidat bersangkutan untuk mulai mengumpulkan kartu tanda penduduk (KTP).

“Jika dilihat dari jumlah penduduk di Konkep yang hanya berjumlah kurang dari 40 ribu-an jiwa. Maka paling tidak agregat pencalonan perorangan harus menyediakan sekiranya 400 kepingan KTP. Dan, 400 KTP tersebut minimal harus pula tersebar dari 23 kecamatan yang ada, atau tidak seluruh kecamatan,” urainya.

Menurutnya, prasyarat tersebut tidak memberatkan calon.

“Jadi, hal itu merupakan kerja awal calon perseorangan untuk mulai mengumpulkan KTP dari sekarang,” anjurnya.

Dia menambahkan, berkait dengan calon yang diusung dari parpol saat ini masih menjadi diskusi di internal penyelenggara. Pasalnya, kekisruhan di internal organisasi oleh beberapa parpol besar itu sedikit akan menyulitkan penyelenggara.

Misalnya, soal rekomendasi parpol yang sedang mengalami dualisme (Golkar dan PPP).

“Dalam rapat kerja di provinsi yang lalu, sempat disinggung kisruh internal dua partai itu. Tetapi, telah disepakati KPU akan menerima rekomendasi dari pengurus yang mendapat keabsahan dari Menkumham,” tegasnya.

To Top