Headline

Acara HUT Dongkrak Ekonomi Warga Koltim

Gubernur Sultra, Nur Alam, bersama PJ Bupati Koltim Tony Herbiansyah bersama istri saat melakukan pemotongan pita tanda Sultra Expo 2015 resmi dibuka.

Gubernur Sultra, Nur Alam, bersama PJ Bupati Koltim Tony Herbiansyah bersama istri saat melakukan pemotongan pita tanda Sultra Expo 2015 resmi dibuka.

Gubernur Buka Sultra Expo, dan Deklarasi Pembentukan Provinsi Baru

KENDARI, BKK – Peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ke 51, yang diawali dengan kegiatan Sultra Expo 2015 yang ditempatkan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) secara resmi dibuka oleh Gubernur Sultra, Nur Alam, pada Kamis (23/4).

Dalam sambutanya, Nur Alam, mengatakan, tuan rumah penyelenggara peringatan HUT Sultra ini nantinya akan diadakan bergilir disetiap Kabupaten/Kota, sesuai dengan prestasi dan progres pembangunan daerah tersebut.

“Ini adalah hadiah dari Pemprov, kepada kabupaten yang pembangunanya spektakuler, dan kedepan daerah lainpun akan kebagian sebagai penyelenggara, sesuai progres pembangunan daerah tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahkan, banyak hal positif yang didapat oleh daerah tuan rumah penyelenggara, selain sebagai media promosi dan sosialisasi daerah, perayaan ini juga mendatangkan income ke daerah yang cukup besar.

“Menurut survey akan ada income yang cukup besar bagi daerah penyelenggara. Survey BI misalnya, yang menyebutkan ada sekitar 70 sampai 80 miliar perputaran uang di daerah penyelenggara,” tambahnya.

Selain untuk memperingati HUT Sultra ke 51 ini, lanjut dia, moment tanggal 27 April 2015, dimana sebagai hari puncak perayaan, akan dirangkaikan dengan penandatangan deklarasi pembentukan provinsi baru, yaitu Provinsi Kepulauan Buton, dengan ibukota provinsinya adalah Kota Bau-Bau.

“Moment puncak nanti juga akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, salah satunya adalah penandatangan deklarsi provinsi Kepulauan Buton dengan daerah cakupan, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi, Buton Utara dan Kota Bau-Bau, ini adalah momentum besar sekaligus bersejarah bagi masyarakat Sultra,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Biro (Karo) Humas, Pemprov Sultra, Kusnadi, acara ini akan berlangsung selama 5 hari, dimulai dari tanggal 23 April hingga tanggal 27 April 2015. “Acara puncaknya adalah tanggal 27 April 2015, yang akan ditandai dengan upacara peringatan HUT Sultra yang akan dipimpin langsung oleh pak gubernur,” jelasnya.

Sebelum acara puncak, lanjut dia, acara akan diisi dengan pameran, atau Sultra Expo yang diikuti semua Kabupaten/Kota dan juga seluruh dinas dijajaran pemerintahan Pemprof Sultra. “Ada beberapa acara, salah satunya adalah Sultra Expo, hiburan yang akan diisi oleh artis-artis nasional,” katanya.

Dalam acara pembukaan Halo Sultra kali ini, dihadiri juga oleh seluruh Bupati dan Walikota yang ada di Sultra. Tak kurang dari ribuan masyarakat baik yang berada didaerah Koltim dan sekitarnya turut hadir dalam pembukaan kali ini. Acara ini juga dimeriahkan dengan tarian kolosal yang memadukan beberapa adat dan budaya yang ada di Koltim.

To Top