Lingkar Sultra

Peringati Hari Bumi, UHO Tanam Puluhan Pohon

 

Rektor UHO Kendari Usman Rianse saat melakukan penanaman pohon untuk ruang terbuka hijau.

Rektor UHO Kendari Usman Rianse saat melakukan penanaman pohon untuk ruang terbuka hijau.

KENDARI, BKK – Peringatan Hari Bumi Internasional yang jatuh tepat pada Rabu, 22 April 2015 kemarin, diperingati oleh Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dengan melakukan penanaman puluhan pohon disekitar kampus Pasca Sarjana UHO Kendari.

Kegiatan penanaman pohon yang juga dirangkaikan dengan jalan sehat, dengan mengkampayekan selamatkan bumi dari Global Worming ini, diikuti oleh ratusan mahasiswa, Dekan, dosen dan juga para staf UHO.

Rektor UHO, Prof dr H Usman Rianse MS, saat ditemui sejumlah awak media, usai melakukan penanaman pohon mengatakan, kegiatan ini akan dijadikan sebagai budaya kampus UHO dalam memperingati Hari Bumi dan juga dijadikan sebagai komitmen UHO dalam membantu menjaga kelestarian lingkungan.

“Insha Allah inikan akan menjadi budaya kita di UHO, sebagai bentuk pengabdian kita, sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai akademisi dan juga mahluk yang ditugaskan untuk mengelola bumi,” ungkapnya, Rabu (22/4).

Ia menambahkan, tahun depan peringatan seperti ini akan dibuat lebih meriah, dengan melibatkan seluruh element, baik masyarakat, pemerintah dan juga seluruh civitas akademika yang ada di UHO. “Tahun depan akan lebih kreatif lagi, untuk tahun ini adalah awalnya,” tambahnya.

Rektor dua periode ini juga mengungkapkan, akan mendukung program pemerintah kota (Pemkot) Kendari dalam rangka mewujudkan ruang terbuka hijau. Bahkan, kata dia, UHO siap menyediakan lahan untuk ruang terbuka hijau.

“Kita mendukung kebijakan pemerintah, khusunya pemerintah Kota Kendari dalam rangka mewujudkan ruang terbuka hijau dengan menyediakan lahan sekitar 30 hektar untuk dijadikan kebun raya dan ruang terbuka hijau, yang akan dikelola secara swadaya oleh mahasiswa kita,” katanya.

Sementara itu, di tempat berbeda, ketua pelaksana kegiatan, Dr Nur Arafah, yang juga wakil dekan (WD) Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) UHO, menjelaskan, kegiatan ini adalah kegiatan Universitas , namun penggagasnya adalah Fakultas Kehutanan dan Ilmu lingkungan, yang kemudian diikuti oleh seluruh civitas akademika yang ada di UHO.

“Kegiatan ini akan terus berlangsung setiap tahun, dan tuan rumah penyelenggaranya akan berbeda-beda setiap tahunnya. Sebelumnya, setiap hari bumi, FHIL UHO selalu memperingatinya, namun kali ini agaak sedikit lebih meriah,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut dia, dirangkaikan dengan beberapa item kegiatan yang dilaksanakan satu hari. “Selain gerakan menanam pohon untuk ruang terbuka hijau, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peresmian ruang publik terintegrasi kantin outdoor, peresmian news letter, peresmian jurnal ekogreen bagi mahasiswa dan kegiatan sosial lainya,” tutupnya.

To Top