UN Jadi Standar Penerimaan Mahasiswa Bermutu – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

UN Jadi Standar Penerimaan Mahasiswa Bermutu

UN

JAKARTA, BKK – Kabar ujian nasional (UN) yang pemanfaatannya menjadi pemetaan pada perguruan tinggi sempat simpang siur.

Meski Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan serta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir berhalangan hadir pada Konferensi Pers pemanfaatan hasil UN sebagai pertimbangan masuk perguruan tinggi negeri (PTN), berdasarkan siaran pers yang beredar, keduanya sudah bersinergi terkait dengan nasib UN.

M Nasir menilai UN sebagai gambaran prestasi akademis di mata pelajaran tertentu yang diukur melalui penilaian berskala nasional, layak dijadikan sabagai referensi penerimaan mahasiswa.

“Ini memudahkan PTN untuk menyeleksi calon mahasiswa dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa di seluruh Indonesia,” ujar Nasir, dalam siaran persnya, Rabu (25/2).

Nasir berharap dengan hal ini para siswa tidak berkurang semangat belajarnya.

“Harapannya dengan UN, siswa dapat lebih giat belajar dan sekolah terdorong untuk lebih bersungguh-sungguh menuntaskan kompetensi siswa,” katanya.

Kemudian, Anies juga menanggapai proses seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Menurutnya, SNMPTN merupakan suatu proses untuk memilih calon mahasiswa yang mengikuti perguruan tinggi.

“Setelah lulus, menjadi sarjana yang berguna bagi bangsa dan negara,” kata Anies.

Lebih lanjut ia juga meyakini dengan adanya peningkatan kualitas UN serta standar nasional pendidikan, nantinya akan disusul dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

“Indonesia dapat menghasilkan mutu siswa yang lebih baik dan menyiapkan mahasiswa di pasar global,” ujar Anies. (ozc)

To Top