Telat Urus Administrasi Kependudukan Didenda – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Telat Urus Administrasi Kependudukan Didenda

Parinringi SE MSi

Parinringi SE MSi

“Ini hanya semacam teguran keras. Supaya masyarakat peduli dan cepat mengurus admin kependudukan tepat waktu” Parinringi SE MSi (Wakil Bupati Konawe)

Unaaha, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe tetap bersikukuh memberlakukan denda terhadap masyarakat yang telat mengurus administrasi kependudukannya. Seperti yang telah tertuang pada Perda Rp 100 ribu per kepala keluarga. Meski Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah melarang.

Menurut Wakil Bupati Konawe, Parinringi, Pemkab tahun ini sudah memberlakukan denda tersebut. Dan hal itu sesuai dengan Undang-undang 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.

Dikatakan, Pemkab tidak bermaksud untuk memberi beban kepada masyarakatnya. Justru sebaliknya hal tersebut merupakan upaya menekan warga setempat supaya secepatnya mengurus atau memperpanjang dokumen kependudukannya.

Tidak ada alasan kata dia, pasalnya pengurusan administrasi kependudukan, seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukacpil) setempat sudah digratiskan. “Ini hanya semacam teguran keras. Supaya masyarakat peduli dan cepat mengurus admin kependudukan tepat waktu,” jelasnya.

Denda tersebut tetap harus diterapkan dengan tegas. Karena hal ini sebagai pembelajaran kepada warga yang dapat berimplikasi membentuk sikap disiplin.
Karena selama ini warga baru mau mengurus ketika itu baru diperlukan.

“Pembebasan biaya dalam pengurusan administrasi kependudukan tak hanya berlaku di Kabupaten Konawe, tetapi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI),” jelasnya. (k3/b/lex)

To Top