Tahun Depan, Pemerintah Produksi Mobil Angkutan Pedesaan – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Tahun Depan, Pemerintah Produksi Mobil Angkutan Pedesaan

gelantungJakarta- Pemerintah bakal mulai memproduksi mobil angkut untuk masyarakat pedesaan mulai tahun depan. Kendaraan dengan kapasitas mesin di bawah 1000 cc itu bakal dibanderol dengan harga berkisar Rp 70 juta-Rp 80 juta per unit.

“Mobil multiguna pedesaan. Kemarin habis dirapatkan dengan Presiden. Rencananya 2016 bisa diproduksi. Kalau untuk (lokasi) pabrik akan dikaji dulu,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir saat rapat kerja nasional kementeriannya, Jakarta, Kamis (26/2).

Menurutnya, mobil angkut itu hanya ditujukan untuk mendukung mobilisasi masyarakat desa. Makanya, kendaraan tersebut akan dibuat sederhana.

“Di pedesaan itu kan butuh angkutan untuk dari rumah ke sawah, untuk mengangkut pupuk, ke sawah atau ke toko. Mereka tidak butuh tampilan mobil yang bagus atau mewah, yang penting murah operasionalnya, murah harganya,” paparnya.

Dia mengklaim mobil pedesaan itu bakal didominasi komponen lokal.

“Jadi sekitar 70 persen-80 persen kandungan lokalnya dari dalam negeri,” ucapnya.

Terpisah, Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan pemerintah bakal menjadikan Esemka sebagai proyek percontohan mobil nasional. Sebab, mobil itu sudah diproduksi oleh orang Indonesia.

“Yang saat ini berminat Esemka. Bisa dibilang calon tunggal,” katanya

Nantinya, menurut Saleh, Esemka bisa diberdayakan sebagai alat transportasi di pedesaan.

“Untuk angkut-angkut kan bisa”. (mer/iis)

To Top