Polda Sultra Siap Berlakukan SIM Online – Berita Kota Kendari
Beranda

Polda Sultra Siap Berlakukan SIM Online

Drs Asrul Aziz MAP

Drs Asrul Aziz MAP

KENDARI, BKK – Dengan adanya program Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabespolri), yang akan memberlakukan sistem Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online mulai tahun ini, maka Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan bakal mengikuti program tersebut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra, Komisaris Besar Polisi (kombespol) Drs Asrul Aziz MAP mengatakan, pemberlakukan SIM online itu akan memudahkan masyarakat memperoleh SIM dan menghindari kemungkinan seseorang mempunyai lebih dari satu SIM untuk jenis yang sama atau membuat SIM baru dengan alasan yang lama hilang.

Dengan adanya program SIM online, lanjut dia, maka perpanjangan SIM dapat dilakukan pada satuan penyelenggara administrasi (Satpas) atau gerai SIM serta SIM keliling mana saja. Karena datanya sudah tersentralisasi semua di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri.

“Ini sangat membantu dan meringankan masyarakat, sebab jika memperpanjang SIM tanpa harus kembali kembali ke daerah asalnya,” ujar perwira polisi dengan tiga melati dipundak ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/2).

Asrul menambahkan, karena sistem tersebut hanya melayani perpanjangan SIM, maka masyarakat yang baru ingin membuat SIM harus kembali ke wilayah asal sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), karena proses pembuatan SIM berisi persyaratan kompetensi berupa ujian teori dan praktik.

Namun, sayangnya menurut dia, di Sultra hingga kini belum bisa menerapkan SIM online. Karena data masyarakat belum semua tersentralisasi. Hal itu kata Asrul, diakibatkan masyarakat di Sultra baru sebagian yang menggunakan KTP elektronik (e-KTP). Meski demikian, pihaknya kedepan bakal memberlakukan SIM online.

“Mengingat SIM online harus terintegrasi dengan e-KTP maka di Sultra belum bisa diberlakukan SIM online, karena masyarakat Sultra belum semua menggunakan e-KTP,” ungkapnya. (cr2/d/jie)

To Top