Pemkot Tinjau Ulang NJOP – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Tinjau Ulang NJOP

Askar Mahmud

Askar Mahmud

KENDARI, BKK – Menanggapi keluhan msyarakat atas tingginya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang ditetapkan, pemerintah Kota Kendari berencana meninjau ulang penetapan NJOP. Dipastikan NJOP nantinya akan diturunkan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari, Askar Mahmud, menyampaikan, saat ini, pemkot tengah melakukan survei yang nantinya akan segera dilakukan proses pengkajian tentang penetapan NJOP yang baru.

“Prosesnya masih panjang untuk penetapan pembayaran NJOP yang baru, kita masih terus berusaha memikirkan bagaimana yang terbaik mengenai hal ini, mudah-mudahan tahun ini dapat dirampungkan,” katanya, Kamis (26/2).

Askar menjelaskan, dalam kebijakan baru tentang NJOP ini. Akan dikenakan pembayaran berbeda, dimana tanah yang berada di depan jalan protokol atau jalan-jalan lainnya akan dikenakan biaya yang berbeda dengan tanah yang letaknya jauh dari jalan-jalan utama.

“Jadi nantinya, tanah yang persis ada di pinggir jalan, itu akan kena pembayaran berbeda dengan tanah yang ada di belakang jalan, tinggal kita tetapkan berapa meter panjangnya bisa dikatakan tanah tersebut berada di pinggir jalan,” tambahnya.

Ia mencontohkan, jika tanah tersebut memiliki panjang 100 meter dari pinggir jalan, mungkin 50 meter dari pinggir jalan itu ditetapkan sebagai tanah yang berada di depan. Dan 50 meter selanjutnya itu ditetapkan sebagai tanah yang berda di belakang. “Dan pembayaranya itu berbeda. Tapi itu masih dalam tahap pengkajian dulu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan dan Aset Daerah (Kadispenda) Kota Kendari, Nahwa Umar, membenarkan tentang adanya rencana pengkjian ulang NJOP tersebut. Nahwa mengatakan, untuk saat ini, pihaknya tengah intens melakukan survei ke kelurahan-kelurahan, serta RT/RW untuk meminta pendapat serta mendata para pemilik tanah.

“Iya memang benar itu, justru sekarang kita sedang intens memantau di lapangan,” katanya singkat. (p8/d/jie)

To Top