Menteri Yohana Kagumi Puskesmas Poasia – Berita Kota Kendari
Beranda

Menteri Yohana Kagumi Puskesmas Poasia

Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Anak, Yohana Susana Yembise, saat menggendong seorang anak disela kunjungannya di puskemas Poasia.

Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Anak, Yohana Susana Yembise, saat menggendong seorang anak disela kunjungannya di puskemas Poasia.

KENDARI, BKK – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Rapublik Indonesia (RI), Yohana Susana Yambise, merasa kagum dengan fasilitas Puskesmas Poasia, Kota Kendari, dengan pelayanan yang ramah terhadap anak.

“Saya sudah amati sejumlah ruangan yang ada, dan pantas puskesmas ini menyandang status puskesmas Ramah Anak. Memang masih ada beberapa kekurangan, tapi sesuatu yang wajar. Dan puskesmas ini salah satu puskesmas ramah anak terbaik di Inonesia bagian timur,” katanya, Kamis (26/2).

Untuk itu, lanjut dia, bagi daerah-daerah, khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dapat melakukan studi banding atau mencontoh pengelolaan Puskesmas Poasia.

Dirinya juga mengungkapkan, fasilitas yang tersedia, di Puskesmas Poasia sangat membantu dalam proses penyembuhan bagi anak yang dirawat atau datang berobat di Puskesmas ini.”Artinya, konsep Puskesmas Ramah Anak yang menyajikan taman bermain, pojok ASI dan tempat belajar atau bersimulasi dapat berdampak positif bagi keluarga agar tidak segan ke puskesmas. Selain itu, dengan adanya fasilitas ini dapat membantu penyembuahan juga,” ungkapnya.

Dalam kunjungannya ke Puskesma Poasia, Menteri Yohana yang didampingi Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Lenny N Rosalia, memantau sejumlah ruangan yang berkaitan dengan pelayanan ramah anak, antara lain pojok ASI dan taman bermain.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, dr. Maryam Rufiah, mengatakan, pengelolaan puskesmas dan rumah sakit di daerah ini menjunjung tinggi pelayanan prima dan nyaman bagi semua jenjang umur. Dan terkhusus pelayanan prima bagi anak.

“Orang yang sakit dan dibawa ke rumah sakit menginginkan pulang dalam keadaan sehat. Kesembuhan dapat cepat pulih tidak hanya karena konsumsi obat dan perawatan semata, tetapi juga faktor lingkungan yang sehat dan nyaman, bisa membantu proses penyembuhanya,” kata singkat. (p8/c/jie)

To Top