Lingkar Sultra

Universitas Sebelas Maret Tambah Dua Gubes FEB

GubesSOLO, BKK – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah dua guru besar (gubes) untuk fakultas ekonomi dan bisnis (FEB).

Dua gubes itu adalah Dr Asri Laksmi Riani dan Dr Mugi Rahardjo yang dikukuhkan Rektor UNS Prof. Dr Ravik Karsidi di Auditorium Kentingan Solo Kampus UNS, kemarin.

Prof. Asri yang merupakan gubes ke-170 UNS FEB tersebut dalam pidatonya mengambil tema ‘Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Sektor Bisnis Menjelang Fenomena Bonus Demografi di Indonesia’. Asri, yang juga menjabat sebagai Sekretaris I Program Magister Manajemen FEB UNS, menyebut bahwa dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia dituntut mempersiapkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) agar bisa memiliki daya saing di berbagai bidang.

Sedangkan Prof. Mugi adalah gubes ke-171 FEB yang menyoroti tentang tema ‘Peranan Ekonomi Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan”.

Prof. Mugi menyebutkan, jika kesadaran masyarakat masih rendah dalam menghargai sumber daya air yang ada di Indonesia. Saat ini investor air kemasan hanya membayar rendah dari air yang diambilnya.

“Itu berarti sikap masyarakat masih rendah untuk menghargai sumber airnya. Masyarakat tidak dapat menghitung secara ekonomi terkait sumber daya alam (SDA)nya,” jelasnya.

Selain itu, Prof. Mugi juga menuturkan UNS masih kekurangan pakar bidang ekonomi lingkungan dengan saat ini baru memiliki empat orang. Sebab dalam program Millenium Development Goals (MDGs) secara ekonomi masalah konservasi SDA akan makin penting. (ozc)

To Top