Sultra Jadi Tuan Rumah Peran Saka Nasional – Berita Kota Kendari
Beranda

Sultra Jadi Tuan Rumah Peran Saka Nasional

KENDARI, BKK – Provinsi Sulawesi Tenggara dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Perkemahan Antar-Satuan Karya Nasional 2015 yang akan bertempat di Bumi perkemahan Kota Kendari, Juni.

Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Bidang Bina Muda Suryadi, Selasa (24/02), mengatakan alasan Kwarnas menetapkan Sultra sebagai tuan rumah pelaksanaan Peran Saka nasional ini tidak terlepas dari keberhasilan Sultra melaksanakan beberapa kegiatan pramuka di daerah itu baik skala nasional, regional maupun daerah.

“Yang paling penting lagi adalah bentuk dukungan dan komitmen pemerintah daerah untuk menyukseskan kegiatan ini sehingga mendorong kami untuk melaksanakan di Sultra,” kata Suryadi.

Dijelaskan, Peran Saka nasional merupakan salah satu aktivitas seluruh satuan karya pramuuka yang ada di Indonesia di antaranya Saka Wana Bakti, Saka Taruna Bumi, Saka Kencana, Saka Bakti Husada, Saka Bahayangkara, Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Wira Kartika, Saka Kalpataru, Saka Widya Bahti dan Saka Panduwisata.

Untuk kegiatan nasional tersebut, kata dia, pemerintah kota kendari telah menyiapkan lahan seluas 30 hektare untuk menampung peserta perkemahan satuan karya dari 34 provinsi di Indonesia.
Dalam kesempatan itu, Suryadi juga meresmikan gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Kota Kendari, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kota Kendari, Makmur, Kapolres Kendari, AKBP Ilham Saparona, dan Dandim 1417 Kendari.
Suryadi berharap, dengan peresmian gedung Pusdiklat Pramuka Karcab Kendari, maka bisa mencetak para pelatih dan pembina pramuka yang handal dan profesional.

“Pelatih yang profesional akan menghasilkan pembina yang handal, pembina yang handal akan melahirkan peserta didik yang trampil. Sehingga pelatih, pembina, peserta didik, pamong dan masyarakat berkolaborasi menjadikan pramuka sebagai solusi handal bagi pembinaan generasi muda dimasa mendatang,” katanya.

Keberadaan gedung Pusdiklat tersebut , kata dia, tidak harus diliat dari segi fisik, tetapi bagaimana kegiatan pembinaan dan pelatihan bisa berjalan dan berkesinambungan sehingga roh dari tujuan keberadaan gedung pemberian pemerintah Kota Kendari itu bisa terwujud. (ant)

To Top