Polisi Bidik Sukiman Tosugi CS – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polisi Bidik Sukiman Tosugi CS

#Kasus Dugaan Korupsi KPU Konawe Tahun 2013

Unaaha, BKK- Kepolisian Resor (Polres) Konawe telah menetapkan mantan bendahara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Sayudin sebagai tersangka. Ia diduga terlibat dalam kasus korupsi penyalahgunaan dana logistik, honor PPK, dan PPS pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013 lalu .

Dan, saat ini gilirian mantan komisionernya, Sukiman Tosugi cs yang dibidik.

“Kelima mantan anggota KPU itu sangat potensial terlibat dalam perkara ini,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Konawe Inspektur Polisi Satu (Iptu) Donny K Baralangi, kepada wartawan koran ini.

Ia melanjutkan, sejumlah saksi yang dianggap mengetahui persis tentang transaksi keuangan itu bakal dipanggil. Mereka kurang lebih berjumlah 20 orang, telah dimasukkan dalam daftar panggilan polisi. Ia menerangkan, paling lambat pekan depan sejumlah saksi yang dimaksut akan mulai dipanggil satu per satu untuk diminta keterangannya.

Dikatakan, belum lama ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah memberikan bocoran tentang hasil audit penyalahgunaan keuangan negara di KPU Konawe. Menurut catatan BPK, kerugian negara ditaksir sebesar Rp 6,3 miliar.

Meski audit BPK tersebut belum resmi dikeluarkan, Donny menduga, hitungan awal BPK itu sendiri tidak akan jauh berbeda dengan faktanya.

“Kasus korupsi ini merupakan terbesar di Konawe, bahkan di Sultra itu sendiri. Sehingga kami betul-betul mengawalnya,” tegasnya. (k3/b/iis)

To Top