Bisnis & Ekonomi

Otomatis Toh? Kalau BI Rate Turun Mestinya Bunga Bank Turun

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin sudah mengumpulkan perbankan pelat merah untuk mendapatkan laporan terkini soal kondisi bank milik negara. Jokowi meminta perbankan menekan biaya operasional, supaya dalam jangka panjang bisa menekan suku bunga kredit.

“Ya, kan, otomatis, toh. Kalau BI Rate turun mestinya interest rate bank juga turun,” kata Jokowi usai makan siang di Restoran Medan Baru di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (25/2).

Jokowi juga menjelaskan, mengapa bank-bank BUMN belum bisa menurunkan tingkat suku bunganya sampai saat ini.

“Kan, banyak faktor. Misalnya cost of funds-nya. Di situ, kan, kalau ada biaya-biaya itu bisa turun, mereka juga akan turun,” kata Jokowi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo juga sudah menghadap Jokowi untuk membicarakan situasi terkini di dunia keuangan Indonesia. Jokowi mengaku akan menjadwalkan pertemuan rutin dengan Agus setiap satu bulan sekali.

“Ya, kita sekarang rutin setiap bulan kita bertemu, menyikapi situasi keuangan global, juga masalah kurs, dan lain-lain. Nah, gubernur BI tadi pagi menyampaikan kita masih dalam posisi yang masih sangat baik,” ujarnya.

Jokowi juga berharap BI Rate bisa diturunkan lagi supaya bisa memberikan bunga yang rendah untuk kebutuhan masyarakat. Pemerintah juga bertekad menekan inflasi supaya bisa membantu penurunan BI Rate. (net/iis)

To Top