SMPN Raha Sosialisasi Bahaya Narkoba – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMPN Raha Sosialisasi Bahaya Narkoba

RAHA, BKK – Maraknya peredaran Narkoba di Indonesia, merupakan ancaman bagi kita semua, terlebih generasi muda. Untuk menghindari agar para generasi muda tidak terjebak dalam dunia narkoba, belum lama ini SMPN 1 Raha menggelar sosialisasi bahaya narkoba bagi kehidupan generasi muda, khususnya di Kabupaten Muna.

Tidak main main, SMPN 1 Raha mengundang pihak Polres Muna dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muna sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. Kasat Narkoba Polres Muna, AKP Darsono, turun langsung membawakan materi dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Raha, La Ode Abdul Rahman mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu cara preventif penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa SMP Negeri 1 Raha. Dia juga mengatakan bahwa sejauh ini siswa-siswi SPM Negeri 1 Raha bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Menurut Rahman Feti, posisi SMP Negeri 1 Raha sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Muna, berpeluang menjadi incaran para sindikat pengedar narkoba. Apalagi banyak siswa SMP Negeri 1 Raha berasal dari kalangan pejabat dan kalangan ekonomi menengah keatas. “Kita kuatir selama ini, karena umumnya anak-anak yang sekolah di SMP Negeri 1 Raha adalah orang-orang mampu secara ekonomi. Jangan sampai anak-anak ini diajak oleh oknum tertentu untuk coba-coba menggunakan narkoba, Karena menurut catatan Badan Narkotika Nasional (BNN) penyalahgunaan narkoba juga sudah menyentuh siswa SMP bahkan SD,,”jelasnya.

Dalam sosialisasi itu para siswa dibekali tentang bahaya penggunaan narkoba, baik dari sisi kesehatan, maupun dari sisi konsekuensi hukum . “Makanya kita mengundang pemateri dari Dinas Kesehatan dan Kepolisian, karena dari sisi kesehatan sudah pasti merusak, dan dari sisi hukum, konsekuensinya adalah pidana Kepsek SMPN 1 Raha ini,”katanya. (k1/b/jie)

To Top