Aneka

Polda Sultra Dapat Penghargaan dari KPU RI

Kapolda Sultra Brigjenpol Drs Arkian Lubis SH saat menerima penghargaan dari Ketua KPU Sultra Hidayatullah SH.

Kapolda Sultra Brigjenpol Drs Arkian Lubis SH saat menerima penghargaan dari Ketua KPU Sultra Hidayatullah SH.

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) memberikan penghargaan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) atas keberhasilannya mengamankan jalannya pemilihan umum (Pemilu) 2014 lalu.

Penghargaan itu diserahkan Ketua KPU Sultra Hidayatullah SH dan diterima Kapolda Sultra Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Drs Arkian Lubis SH, di Aula Dacara Mapolda Sultra, Rabu (18/2). Acara ini dihadiri pejabat utama Polda Sultra dan seluruh jajaran Kapolres.

Ditemui usai menerima penghargaan, Kapolda Sultra Brigjenpol Arkian Lubis mengatakan, selain menyambut baik, pihaknya juga tidak menyangka akan menerima penghargaan itu. Karena, motivasi pihak kepolisian hanya berusaha mengamankan jalannya Pemilu.

“Saya menyambut baik pemberian penghargaan ini, kami tidak menyangka akan seperti ini (mendapat penghargaan). Karena, motivasi kami kemarin hanya mengamankan Pemilu,” jenderal polisi bintang satu ini dengan nada senang.

Dalam menjalankan proses pengamanan Pemilu lalu, beber Arkian, disamping menjalankan perintah dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabespolri). Phaknya, juga banyak melakukan langkah-langkah terobosan. Sehingga kata dia, penyelenggaraan Pemilu dalam kategori aman.

“Memang kami banyak melakukan langkah-langkah terobosan, disamping menjalankan perintah-perintah dari atas (Mabespolri). Jadi alhamdulillah penyelenggaraan pemilu itu dalam kategori aman,” ujarnya.

Menurut Arkian, penghargaan tersebut merupakan hal yang istimewa karena dari penilain KPU RI, Sultra masuk dalam kategori tiga besar secara nasional dalam penyelenggaraan Pemilu terbaik bersama dengan Provinsi Gorontalo dan Prinsi Maluku.

Pengganti Brigjenpol Ngadino ini menambahkan, dengan perhargaan tersebut ia berharap dijadikan sebagai motivasi agar dapat memacu semangat jajarannya. Karena, kedepannya masih dihadapkan dengan tugas-tugas berat, yaitu akan ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada akhir 2015. nanti

Sementara itu Ketua KPU Sultra Hidayatullah, mengatakan, penghargaan tersebut merupakan rangkain penghargaan KPU RI sebagai penyelenggara Pemilu terbaik secara nasional. Sedianya, kata pria yang akrab disapa Dayat ini, penghargaan tersebut diberikan pada 17 Desember 2014 lalu. Namun, karena kesibukan yang begitu padat, sehingga baru diserahkan.

Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu tidak akan bisa sukses jika hanya dijalankan KPU Sultra tanpa adanya bantuan pihak lain dalam hal ini kepolisian, TNI pemerintah daerah (Pemda), dan media massa.

Sehingga, kata Dayat, selain memberikan penghargaan kepada kepolisian KPU RI juga memberikan penghargaan kepada Gubernur Sultra, dan beberapa pimpinan media di Sultra yang ikut membantu, mengontrol, dan mengkritisi kerja KPU Sultra.

“Saya sampaikan tidak akan bisa sukses penyelenggaraan Pemilu kalau hanya KPU Provinsi saja, tanpa melalui kerjasama dengan kepolisian, TNI Pemda serta media massa yang ikut membantu, mengontrol, dan mengkritisi kerja-kerja kami,” ujar Ketua KNPI Sultra ini.

Masih kata Dayat, dengan adanya penghargaan dari KPU RI tersebut maka merupakan motivasi buat KPU Sultra kedepan agar bisa memperkuat dan meningkatkan kerjasama dengan pihak kepolisian maupun dengan pihak lain. Karena ia menyadari tanpa adanya kejasama dengan pihak lain, Pemilu Sultra tak akan bisa lancar, aman dan sukses seperti tahun lalu. (cr2/c/jie)

To Top