Kasuistika

Beberapa Oknum Polisi Pakai Mobil Bodong

Kapolda: Tapi Sudah Dikembalikan kepada yang berhak

KENDARI, BKK – Banyak Beredarnya mobil yang memiliki surat-surat palsu (bodong) di Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), ternyata mendapat perhatian serius dari Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Drs Arkian Lubis SH.

“Yang kita perlu selidiki ini dari mana asalnya, karena itu harus dilihat bukan bodongnya. Tapi yang kita kejar itu dimana hilangnya, kalau misalnya dicuri atau hilang di daerah lain, itu kita akan kerjasama dengan daerah lain,” ujar jenderal polisi bintang satu ini.

Dengan adanya isu maraknya mobil bodong itu, beber Arkian, pihaknya juga telah melakukan pendataan kepada beberap personil dilingkup Polda Sultra. Alhasil, pihaknya menemukan ada beberapa oknum yang kedapatan menggunakan mobil bodong.

“Iya sudah ada, sudah ada (pendataan, red). Hasilnya ada beberapa yang memang betul-betul bodong, akhirnya kendaraan itu sudah tidak dipake lagi. Dan, yang besangkutan telah membeli kendaraan baru,” terangnya saat dikonfirmasi usai acara penyerahan penghargaan KPU RI, yang berlansung di Aula Dacara Mapolda Sultra pada Rabu (18/2).

Arkian menjelaskan, sebenarnya beberapa oknum anggota tidak mengetahui bahwa mobil itu bodong. Karena, alasnya, STNK yang digunakan palsu yang dikeluarkan oleh pejabat yang tidak berwenang. Namun pada akhirnya kendaraan tersebut telah dikembalikan kepada yang berhak.

Karena beberapa oknum tersebut tidak menyadari bahwa itu mobil bodong, sehingga mereka pun tidak dikenakan sanksi disiplin. Tetapi mereka, kata Arkian, masuk dalam catatan personil. (cr2/d/lex)

To Top