Bupati Minta Masyarakat Waspadai DBD – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Minta Masyarakat Waspadai DBD

Ahmad Safei

Ahmad Safei

KOLAKA, BKK – Bupati Kolaka, H Ahmad Safei berharap masyarakat Kabupaten Kolaka untuk mewaspadai Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepada masyarakat yang memadati lapangan Anaiwoi pada penutupan MTQ tingkat Kabupaten Kolaka, Ahmad Safei mengungkapkan bahwa dimusim penghujan sekarang ini, merebab penyakit DBD. Hal ini disebabkan karena lingkungan sekitar tidak sehat, kotor, banyak genangan air dan membuang sampah disembarang tempat.

“Penyebab terjadinya DBD karena lingkungan tidak sehat, kotor, banyak genangan dan buang sampah disembarang,” ungkapnya.

Karena itu, Bupati yang begitu cinta pada kebersihan ini menghimbau semua masyarakat Kolaka untuk menghindari penyebab DBD dan senantiasa mensosialisasikan kepada kerabat, serta lingkungan sekitar untuk mensosialisasikan terkait tiga hal yakni lingkungan kotor untuk segera dibersihkan, genangan yang menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk aedes, serta tidak membuang sampah disembarang tempat.

“Mari kita hindari penyakit DBD dengan menghindari dan mensosialisasikan terkait tiga hal itu,” katanya.

Sebelumnya, anggota DPRD Kolaka, Rusman juga pernah meminta Dinas Kesehatan Kolaka agar melakukan langkah antisipatif dalam mewabahnya DBD. “Dinkes harus melakukan langkah preventif untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit ini,” katanya.

Apalagi, kata politisi PKS ini, penyakit DBD mulai menyerang warga Kolaka menyusul masuknya musim penghujan. “Kami minta Kadis Kesehatan proaktif melakukan pemberantasan penyakit DPBD,” katanya.

Seperti pernah diberitakan, pada pertengahan Januari lalu, sejumlah warga Kolaka diserang DBD sehingga mereka dirawat di RSUD Kolaka

Saat itu, sedikitnya tercatat puluhan kasus pasien dengan ciri-ciri penyakit DBD yang sudah ditangani oleh rumah sakit umum daerah Benyamin Guluh Kolaka dan rata-rata pasien yang dirawat adalah anak-anak bahkan satu pasien dirawat intensif di ruang icu karena sudah ditetapkan statusnya positif terjangkit DBD.

Para pasien ini mengalami gejala demam yang cukup tinggi dan disertai mual dan muntah-muntah serta adanya tanda bintik-bintik merah di badan korban. pihak rumah sakit mengakui adanya peningkatan pasien DBD yang cukup signifikan dalam bulan desember tahun ini mengingat daerah ini adalah siklus dari penyakit DBD tahunan. selain itu kondisi lingkungan dan cuaca juga ikut mempengaruhi semakin menyebarnya penyakit ini.

Meningkatnya jumlah pasien dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aides aigypti ini disebabkan kondisi lingkungan yang tidak bersih serta cuaca buruk. warga berharap Dinas Kesehatan dan pemerintah setempat melakukan fogging ke rumah-rumah warga. (k4/lex)

To Top