BI Turunkan Suku Bunga 25 Basis Poin Menjadi 7,5 Persen – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

BI Turunkan Suku Bunga 25 Basis Poin Menjadi 7,5 Persen

Ilustrasi

Ilustrasi

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,50 persen. Suku bunga lending facility juga mengalami penurunan sebesar 25 basis poin menjadi 7,75 persen. Sedangkan suku bunga deposit facility tetap di level 5,75 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo menjelaskan, rapat Dewan Gubernur yang digelar pada hari ini memutuskan untuk menurunkan BI rate karena tidak ada tekanan politik yang cukup tinggi yang akan mengganggu iklim ekonomi.

Agus juga melihat bahwa level BI Rate setelah diturunkan masih konsisten dengan upaya untuk mengarahkan inflasi menuju ke sasaran yang berada di kisaran 4 pada 2015 dan 2016.

“Selain itu, level tersebut juga mendukung pengendalian transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat,” jelasnya di Kantor Bank Indonesia, Selasa (17/2).

Agus melanjutkan, meskipun Bank Indonesia telah mengambil berbagai kebijakan untuk mengendalikan tingkat inflasi dan juga transaksi berjalan, namun tantangan mencapai target tersebut masih besar terutama faktor global.

Ke depan, BI akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial, dan sistem pembayaran, serta memperkuat koordinasi dengan pemerintah dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan serta mendorong berlanjutnya reformasi struktural untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Langkah yang ditempuh BI dengan menurunkan suku bunga acuan tersebut membuat perkiraan para ekonom meleset. (net/iis)

To Top