Yusaran Silondae Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan – Berita Kota Kendari
Beranda

Yusaran Silondae Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Yusran A Silondae (kedua dari kiri) serta Kasrem 143/HO letkol Inf Alamsyah (dua dari kanan) saat acara sosilisasi empat pilar kebangsaan. (Foto:Kasman/BKK)

Yusran A Silondae (kedua dari kiri) serta Kasrem 143/HO letkol Inf Alamsyah (dua dari kanan) saat acara sosilisasi empat pilar kebangsaan. (Foto:Kasman/BKK)

KENDARI, BKK – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs H Yusran A Silondae MSi melakukan giat sosialisasi empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1417/Kendari, Sabtu (14/2).

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Staf Korem (Kasrem)143/ Halu Oleo (HO) Letkol Inf Alamsyah ini diikuti puluhan peserta yakni, Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri), veteran, anggota komando rayon militer (Koramil), dan ibu-ibu Pepabri.

Ditemui usai kegiatan Yusran mengatakan, sosialisasi empat pilar kebangsaan itu merupakan program dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang tertuang dalam UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3).

Tujuan dari sosialisasi tersebut, sambung mantan Wakil Gubernur Sultra ini, untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan. Karena menurutnya, kini nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara dimasyarakat sudah mulai mengendor.

“Ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan, karena ada kesan sementara bahwa nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara kita sesuai dengan pancasila sudah mulai mengendor,” ujarnya.

Yusran menambahkan, sebagai anggota DPD asal sultra dirinya melihat prioritas sosialisasinya adalah dikeluarga besar Abri. Karena, menurutnya keluarga besar Abri itu sudah terbukti dan teruji bagaimana cara mempertahankan kedaulatan dan keutuhan empat pilar kebangsaan sebagai harga mati.

Melalui keluarga besar Abri yang kita harapkan nanti bisa menjadi pion-pion kita ditengah masyarakat untuk menyebar luaskan kembali agar kita kembali kekehidupan nialai-nilai empat pilar kebangsaan.,” ujarnya.

Walaupun demikian beber Yusran, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan dilingkungan TNI. Namun, pada kegiatan selanjutnya diadakan pada tempat-tempat masyarakat lainnya, karena ia menyadari keberhasilan memelihar nilai-nilai kebangsaan dibutuhkan peran seluruh stackeholder.

Namun, kegiatan selanjutnya masih harus menunggu perintah dari MPR karena program ini dukungan dan fasilitas dari MPR. Yusran meyakini, kegiatan seperti ini dalam satu tahun bisa sampai enam kali sehingga kedepan terbuka lebar untuk diadakan pada beberapa komponen masyarakat yang ada di daerah.

Ditempat yang sama Kasrem 143/HO, Letkol inf Alamsyah menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Karena ia menyadari, sosialisasi itu memang sangat bermanfaat, dan berguna sekali bagi TNI. Sehingga, menjalin hubungan keluarga besar TNI.

“Sosialisasi ini memang sangat bermanfaat, dan berguna sekali bagi kita. Dengan sosialisasi ini juga sebagai media komunikasi dengan sesepu kita.,” ungkap perwira TNI dua melati dipundak ini.

Selain itu kata Alamsyah, kegiatan itu sangat berguna untuk mengaktualisasikan kembali nilai-nilai wawasan kebangsaan dan pancasila yang selama ini mulai luntur. Sehingga dengan adanya kegiatan ini maka semakin mengikat keleluasan untuk mengaktualisasikan kembali nilai-nilan pancasila. (cr2/c/jie)

To Top