Beranda

Tingkatkan Sinergitas, Polda-TNI Olahraga Bersama

Kapolda Sultra saat melakukan olahraga bersama Batalion Infantri 725/Woroagi.(Foto:Kasman/BKK)

Kapolda Sultra saat melakukan olahraga bersama Batalion Infantri 725/Woroagi.(Foto:Kasman/BKK)

KENDARI, BKK – Untuk mempererat hubungan dan sinergitas jajaran TNI-Polri di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kepolisian Darah (Polda) Sultra dan Batalion Infrantri 725/Woroagi menggelar olahraga bersama yang berlangsung di Markas Batalion Infantri 725/Woroagi Boroboro, Jumat (13/2). Kegiatan ini dihadiri langsung Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Brigjen (Purn) TNI Saleh Lasata.

Dari pantauan jurnalis koran ini, setelah tiba markas batalion sekitar pukul 07.00 Wita, Kapolda Sultra Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Drs Arkian Lubis SH beserta jajaran langsung melakukan senam, bersama dengan pejabat TNI seperti Kepala Staf Korem (Kasrem)143/ Halu Oleo (HO) Letkol Inf Alamsyah, Komandan Batalion Infantri 725/Woroagi Mayor Inf Nurman Syahreda.

Usai melakukan senam rombongan Kapolda, Wagub, Kasrem, dan Komandan Batalion Infantri 725/Woroagi bermain tenis lapangan bersama. Sementara, beberapa pejabat Polda-TNI serta personil Polda maupun Batalion terlihat bermain sepak bola bersama, bermain foli bersama, menembak, dan bermain futsal. Terlihat kala itu hubungan kedua institusi itu sangat menikmati beberapa kebersamaan. Kapolda dan jajaran serta Kasrem dan Komandan Batalion juga bermain bola dan menembak sama-sama.

Ditemui usai olahraga Kapolda Sultra Brigejon Pol Drs Arkian Lubis SH mengatakan, kegiatan olahraga bersama itu berawal dari undangan pihak batalion. Sehingga, ia pun meresponnya dengan baik dengan mengajak jajarannya untuk menyambangi markas batalion.

Dengan kegiatan olahraga bersama itu, sambung jenderal polisi bintang satu ini, suatu kegiatan dan kerjasama yang sangat positif sehingga harus didukung. Sebab dalam kegiatan ini banyak hal yang didapat diantaranya solidaritas semakain kuat dan juga harmonisassi semakin kuat.

“Kegiatan yang positif ini suatu hal yang harus didukung, karena banyak hal yang didapatkan seperti solidaritas kita makin kuat, kemudian harmonisasi hubungan semakin bagus selain itu bisa juga menambah kemampuan anggota,” ujar Arkian.

Menurut pengganti Brigjen Pol Ngadino, disiplin, sinergitas, kebersamaan, dan solidaritas TNI-Polri suatu hal yang sangat penting. Karena sebagai aparatur negara yang memiliki senjata dan memiliki pasukan harus memelihara kebersamaan.

Kedepan kata dia, kegiatan itu akan terus dilaksanakan tidak hanya bertempat di Boroboro namun juga nantinya akan ada jadwal khusus yang akan dilaksanakan juga di Polda Sultra, Lanal, Lanud, dan Brimob. Bukan hanya itu, beber Arkian, kedua bela pihak juga menyelenggarakan salat jumat bersama, misalnya dari batalion salat Jumaat di Bromob, dan personil Polda juga akan salat jumat di batalion.

“Menurut saya melalui olahraga bersama merupakan salah satu media yang baik untuk menjaga, memelihara, dan memantapkan solidaritas. Nanti kita akan bikin giliran untuk pindah tempat. Nantinya kedepan direncanakan mungkin Polda tuan rumah, Lanud, Lanal, Bromob. Ini akan berlanjut terus,” kata Arkian.

Menanggapi ada beberapa oknum nakal baik itu di TNI maupun di Polri, Arkian mengatakan, salah satu tugas pimpinan adalah keteladanan.
Dengan keteladanan dari pimpinan menurutnyan bisa membuat anak buah sungkan untuk berbuat jahat.

‘Saya kira keteladanan ini kita tonjolkan, jika nanti ada anggota yang berbuat jahat dengan sendirinya dia sungkan. Dan, kalau kita teladan kita menindak dia pun pasti dia terima. Kita tidak munafik bahkan dalam lingkungan keluarga pun misalnya 10 orang pasti ada satu yang nakal,” jelasnya.

Ditempat yang sama Komandan Batalion Infantri 725/Woroagi Mayor Inf Nurman Syahreda mengatakan, dengan kegiatan ini sinergitan TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya, baik itu rektor perguruan tinggi, Pemda, dan rekan-rekan media sinergitasnya semakin erat. Dia juga berharap, prajurit yang ada di Sultra tidak ada jarak dengan masyarakat. (cr2/c/jie)

To Top