Juknis Penentu Kelulusan Siswa Belum Ada – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Juknis Penentu Kelulusan Siswa Belum Ada

*Sekolah Fokus Persiapkan UN

KENDARI, BKK – Hingga kini, sejumlah sekolah di Kota Kendari belum mengantongi petunjuk teknis (juknis) terkait penentuan kelulusan siswa dan Ujian Nasional (UN).
UN yang diwacanakan bukan sebagai penentu kelulusan di tingkat satuan pendidikan dirasa masih samar oleh lembaga pendidikan.

Menyikapi hal tersebut, sekolah memilih untuk tetap mempersiapkan lulusannya guna mengejar prestasi.

Kepala SMAN 4 Kendari, Teggarudin, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Tenggarudin mengatakan, hingga saat ini belum ada sosialisasi terkait mekanisme kelulusan siswa di tahun pelajaran 2014-2015 ini.

“Belum ada kejelasan bagaimana menentukan kelulusan siswa, karena hingga saat ini belum ada surat resmi yang diberikan baik dari pusat maupun dari dinas terkait seputar hal itu,” katanya. Meski belum ada kejelasan, pihak sekolah tetap mengacu pada ketetapan kelulusan tahun lalu.

Lebih lanjut Tenggarudin mengatakan, meskipun ada wacana untuk tidak menjadikan UN sebagai penentu kelulusan, pihaknya tetap menyiapkan siswanya. Dia mengaku lebih berfokus pada persiapan UN karena dia menilai UN bukan hanya sebatas penentu kelulusan melainkan juga sebagai pengantar untuk siswa dapat mendaftar di Perguruan tinggi terutama lewat jalur undangan.

“Apapun keputusan pemerintah, apakah tetap mempertimbangkan nilai UN atau tidak, kami tidak berpikir di situ. Saya hanya berfokus agar nilai ujian mereka dapat mempermudah mereka untuk masuk ke perguruan tinggi,” tambahnya. (p9/d/jie)

To Top