Aspirasi Masyarakat Harus Diutamakan – Berita Kota Kendari
Headline

Aspirasi Masyarakat Harus Diutamakan

#Perjuangkan Jalan Lagadi-Tondasi Sampai Tuntas

KENDARI, BKK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) LM Taufan Alam mengaku, aspirasi masyarakat harus diutamakan. Sebab, alas dia, duduknya dia di kursi dewan tidak terlepas dari suara masyarakat.

“Tanggung jawab memperjuangkan aspirasi masyarakat itu, bukan hanya melekat dari status saya sebagai wakil rakyat. Tetapi, sebagai masyarakat yang besar di Kabupaten Muna Barat, tanggung jawab itu harus saya laksanakan,” kata Taufan kepada Berita Kota Kendari belum lama ini.

Rasa tanggung jawab yang tinggi, sambung Taufan, sudah tertanam sejak kecil. Pada saat menjabat sebagai wakil rakyat di Kabupaten Muna, dia gencar turun ke masyarakat dan tidak pernah membuat jarak sosial dengan konstituennya.

“Dari dulu, saya selalu turun di kampung-kampung. Dan ini merupakan amanah. Kita hidup hanya sesaat dan untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara. Sehingga, kita tidak perlu malu untuk berbuat demi kepentingan masyarakat kita,” urainya dengan nada semangat.

Pria yang murah senyum ini mengaku, berdasarkan hasil reses yang dilakukan di Kabupaten Muna Barat yakni di Kecamatan Lawa Desa Latugho dan Kecamatan Barangka Desa Barangka, masyarakat lebih menginginkan perbaikan di lingkungannya.

“Salah satu contoh, di Latugho meminta normalisasi sungai. Sementara di Barangka meminta rehabilitasi masjid dan pembangunan jalan lintas Lagadi-Tondasi,” beber politikus Partai Demokrat ini.

Dengan aspirasi yang diperolehnya itu, dia berjanji akan segera merealisasikannya dan menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk segera menuntaskan keluhan masyarkat.

“Sebagai penyambung lidah masyarakat di dapil, saya harus bersuara untuk memperjuangkan hak dan harapan mereka. Saya tidak ingin menjadi patung saja di dewan. Saya ingin buktikan bahwa amanah yang diberikan kepada saya merupakan tanggung jawab dan saya tidak ingin berkhianat,” janji Taufan Besi sapaan akrab LM Taufan Alam.

Saat ini, sambung Taufan, dia bersama wakil rakyat lainnya sudah memprioritaskan pembangunan jalan poros Lagadi-Tondasi, agar tahun ini dianggarkan. Ia menyebutkan, jalur ini merupakan denyut nadi perekonomian masyarakat Mubar yang juga masuk lalulintas nasional antara Sultra dan Sulawesi Selatan.

“Kita sudah upayakan akan turun perbaikan jalan Lagadi-Tondasi. Sebab, ini merupakan jalan provinsi dan menjadi tanggung jawab saya untuk menyuarakannya. Selain jalan Lagadi-Tondasi, kita juga sudah menyetujui anggaran pembangunan jalan provinsi Raha-Lakapera,” bebernya.

Selain jalan Lagadi-Tondasi, Taufan mengaku akan memperjuangkan peningkatan status jalan yang menghubungkan Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) atau Kambara dengan Kecamatan Kabangka. Menurut dia, jalan tersebut rusak parah dan sudah bisa dikatakan jalur provinsi.

“Sebelumnya, jalan ini berstatus jalan kabupaten. Karena sudah menghubungkan dua kabupaten antara Muna dan Muna Barat, maka kita akan upayakan tingkatkan statusnya. Sehingga, ini yang akan saya perjuangkan selanjutnya di dewan,” ujarnya.

Tahun ini, sebut dia, terdapat empat program Pemprov yang diupayakan masuk di Muna dan Mubar. Yakni, Jalan poros Lagadi-Tondasi, poros Raha-Lakapera, normalisasi sungai Rombu, normalisasi Sungai Guali, normalisasi Sungai Wakantee. (cr1/d/lex)

To Top