Waspada Cuaca Ekstrem! – Berita Kota Kendari
Beranda

Waspada Cuaca Ekstrem!

 Ilustrasi. BMKG Kota Kendari mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari untuk waspada terhadap potensi terjadinya cuaca ektrem di wilayah Kota Kendari.

Ilustrasi. BMKG Kota Kendari mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari untuk waspada terhadap potensi terjadinya cuaca ektrem di wilayah Kota Kendari.

KENDARI, BKK – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Kendari, mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari untuk selalu waspada cuaca ekstrem, hujan yang disertai dengan guntur dan angin kencang yang biasanya terjadi saat sore dan malam hari.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kota Kendari, Aris Yunatas, Rabu (11/2), menjelaskan, kondisi cuaca saat ini sudah masuk pada musim hujan sejak awal Januari 2015, di musim hujan intensitas pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan yang menimbulkan cuaca buruk sangat sering, ditambah lagi dengan curah hujan yang sangat deras.

Menurut dia, kondisi cuaca seperti ini disebabkan adanya penumpukan massa udara cuaca buruk (konvergensi), akibat pertemuan dua massa udara dari belahan bumi selatan dan bumi utara yang berimbas di wilayah Sulawesi Tenggara. Selain itu, juga disebabkan hangatnya air laut di wilayah perairan Kota Kendari yang menambah suplai massa udara basah.

“Dengan kondisi musim hujan saat ini, saya mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari untuk waspada, sebab selain curah hujan yang deras, disertai guntur dan petir, angin kencang juga bisa sangat membahayakan masyarakat yang melintas di jalan yang banyak pepohonanannya,” pesannya.

Informasi BMKG ini disambut positif warga Kendari. Isra Rajab, warga BTN Anggeoya Reski III, saat ditemui di rumahnya, Rabu (11/2) mengatakan, sangat berterima kasih. Sebab, berdasarkan informasi tersebut, dia dan keluarganya dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian pada awal Januari yang membuat daerah tersebut banjir padahal hujan turun hanya dua jam saja.

Anggota DPRD Kota Kendari, La Ode Umar Bonte, juga mengatakan, informasi seperti itu sangat penting sebab dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk mencegah terlebih dahulu hal-hal yang dapat membahayakan keluarga mereka.

“Informasi BMKG sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat, agar mereka dapat mencegah hal-hal yang dapat membahayakan keluarga dan diri mereka sendiri. Terlebih lagi wilayah Kota Kendari saat ini saat hujan dapat mengakibatkan banjir,” ujarnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan informasi BMKG, masyarakat dapat memangkas pohon yang rimbun daunnya, membersikan selokan, dan melakukan kegiatan pencegahan banjir lainnya, tampa menunggu dari Pemerintah Kota yang melakukannya. Sebab Kota Kendari walau hujannya tidak cukup deras namun bertahan lama bisa menyebabkan air tergenang dan banjir.

Pemerintah Kota harus bisa mengatasi persoalan ini sebab pemicunya adalah drainase, kali yang terlalu sempit dan kotor. Ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Kendari termaksud Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), diantaranya Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Kebersihan. (p5/b/jie)

To Top