Beranda

Oknum PNS Nyabu Terancam Dipecat

KENDARI, BKK – Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Drs Alamsyah Lotunani Msi, mengancam akan menindak tegas dengan melakukan pemecatan bagi PNS yang terbukti memakai atau mengedarkan narkoba.

“Saya kira jelas, PNS itukan ada aturan main yang harus dia patuhi. Jadi jika melakukan pelanggaran maka ada aturan dan prosesnya. Jika memang terbukti melakukan pelanggaran, seperti mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba jelas sangsinya keras, bahkan bisa saja dipecat dan di proses sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya, Rabu (11/2).

Terkait adanya isu, bahwa ada oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, yang tertangkap menggunakan narkoba. Dirinya mengatakan akan melakukan pengecekan terhadap pelaku, di intansi mana dia bertugas.

“Saya sudah perintahkan ketua KORPRI untuk mengecek di intansi mana pelaku itu bekerja. Karena biasanya ada kejadian seperti itu, pelaku mengaku bekerja sebagai PNS Pemkot Kendari, ternyata bukan,” tambahnya.

Jika memang terbukti, lanjut dia, kita akan melakukan sesuai prosedur yang ada.”Terkait sangsinya nanti, jika memang terbukti pelaku adalah PNS Pemkot Kendari. Kita akan memberikan sangsi tegas. Bahkan kalau perlu kita akan pecat. Tapi untuk sementara ini biarkan proses hukum yang berjalan,” katanya.

Pria yang terkenal dengan keramahanya ini juga mengatakan, PNS seharusnya memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat, karena PNS merupakan abdi negara, yang sudah selayaknya melayani dengan baik serta menjaga nama intasi pemerintahan dimana dia bekerja.

“PNS itu harusnya punya wibawalah, jangan melah menunjukan hal-hal yang memalukan,” tegasnya.
Ancaman ini mendapat dukungan dari DPRD Kota Kendari. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, La Ode Lawama, Pada Rabu (11/2), mengatakan tindakan tegas yang di lakukan Sekda patut diapresi.

“Sangat bagus itu, sebagai salah satu pimpinan di Kota Kendari, langkah itu saya rasa tepat. Disini kita berbicara soal aturan dan hukum yang berlaku, jika memang aturan mengatakan harus di pecat, maka pecat saja, agar ada efek jera bagi PNS lainya agar tidak melakukan tindakan memalukan seperti itu, saya rasa ada aturanya dalam PNS itukan, jadi harus lihat aturanya dulu,” jelasnya.

Senada dengan Sekda Kota Kendari, politisi partai berlambang banteng ini, menegaskan. PNS harus mempunyai wibawa dan martabat, sebagai abdi negara seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat.

Sebelumnya, pada Jumat (6/2) seorang oknum pegawai negeri sipil (PNS) Kota Kendari, Andi Baso Asgar alias Asgar (33) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Kepolisian Resor (Polres) Kendari. Ia terbukti menyimpan dan mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu. (p8/c/jie)

To Top