Kasuistika

Dua Anggota Polres Muna Positif Narkoba

Arkian Lubis ( Tengah )

Arkian Lubis

KENDARI, BKK- Hasil tes urine sejumlah personel anggota Kepolisian Resor (Polres) Muna, dua di antaranya dinyatakan positif mengandung narkoba. Keduanya berpangkat brigadir polisi kepala (bripka), masing-masing berinisial HM dan JU.

Hal itu terungkap dari hasil tes urine yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (9/2). Tes yang dilakukan di Mapolda Sultra ini memanggil 13 anggota Polres Muna untuk mengikuti tes urine, karena terindikasi menggunakan narkoba.

Jenis narkoba yang dikosumsi oleh keduanya belum diketahui. Kapolda Sultra Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Drs Arkian Lubis SH mengatakan, timbulnya ide untuk melakukan tes urin itu karena ada informasi internal bahwa puluhan anggota Polres Muna terindikasi memakai narkoba.

Orang-orang yang terindikasi itu lalu dipanggil di Mapolda Sultra untuk dites urine.

“Pemeriksaan itu diluar dari pengetahuan mereka,” ujar jenderal polisi bintang satu ini.

Sedianya, beber Arkian, anggota yang akan diperiksa 14 orang. Namun, satu orang masih dalam izin cuti , sehingga yang menyempatkan diri untuk datang hanya 13 orang.

Pengganti Brigjenpol Ngadino ini menambahkan, berkaitan dengan sanksi yang akan didapatkan kepada dua anggota yang positif itu belum bisa tentukan. Karena, alas dia, kini keduanya masih harus menjalani pemeriksaan jajaran Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sultra.

Dua anggota yang dikatagorikan sebagai pengguna tersebut akan dikenakan sanksi penundaan kenaikan pangkat. Arkian mengungkapkan, melihat kondisi tersebut, tidak tertutup kemungkinan akan melakukan tes urin pada seluruh anggota Polri yang berada pada jajaran Polda Sultra.

Sementara itu, Kapolres Muna Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sempana Sitepu SH MH dikonfirmasi soal ini mengatakan, pihaknya pasrah.

“Kami serahkan sepenuhnya pada pihak Polda,” singkatnya, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Rabu (11/2). (cr2/b/iis)

To Top