Melindas Genangan Air, Jangan Injak Rem dan Gas – Berita Kota Kendari
Interaktif

Melindas Genangan Air, Jangan Injak Rem dan Gas

tips mobil melewati genangan airKendari dan sebagian besar wilayah Indonesia, masih diguyur hujan deras. Bagi Anda yang harus tetap beraktifitas saat hujan turun, tentunya harus lebih berhati-hati.

Karena risiko mengalami insiden pada saat jalanan basah dan licin meningkat dua hingga tiga kali dari risiko insiden di jalan kering.

Meski banyak yang sadar dengan risiko tersebut, namun banyak orang yang tidak perduli. Mereka tetap memacu kendaraan terutama di jalan yang agak lengang dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tentu risiko kehilangan grip atau traksi pada ban cukup besar saat melindas genangan air.

Kalau sudah begitu, tentu sang pengendara harus mengendalikan mobilnya dengan beberapa trik. Di antaranya tidak spontan menginjak pedal rem maupun tetap menekan pedal gas. Lantaran keduanya punya efek sama bahayanya.

“Banyak yang merasa panik dan langsung menginjak pedal rem ketika ban tak menapak sempurna di aspal karena efek genangan air. Tindakan ini tentunya sangat berbahaya, karena ban yang melindas genangan tersebut jadi locking. Ketika ban kemudian mendapatkan grip lagi, mobil bisa saja berputar karena ban locking tadi dan akhirnya berputar arah,” ujar seorang ahli.

“Sebaliknya juga begitu, jangan terus-terusan menginjak pedal gas atau malah menambah kecepatan. Efeknya sama saja dengan ketika anda melakukan pengereman. Sebaiknya jangan melakukan keduanya dan tunggu sampai ban mendapat grip lagi, baru kurangi kecepatan. Cukup dengan mengontrol kendaraan agar tidak keluar dari jalurnya,” imbuhnya.

Tentu ada baiknya jika anda tetap menjaga kecepatan kendaraan terutama di kondisi jalan basah. Agar ketika melindas genangan air, ban tidak melayang karena efek aqua plane. (net/iis)

To Top