Rp 700 Juta untuk Kompensasi Sawah Puso – Berita Kota Kendari
Beranda

Rp 700 Juta untuk Kompensasi Sawah Puso

Sawah Puso KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menyiapkan dana kompensasi sebesar Rp 700 juta untuk membantu petani akibat sawah puso pada tahun 2014 lalu.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, Muhammad Nasir, Rabu (04/02), mengatakan dana tersebut akan disalurkan ke petani dalam bentuk bibit atau benih unggul.

“Kami sudah sepakat dana itu tidak akan diberikan dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk bibit sehingga petani bisa langsung menanami sawah mereka,” katanya. Disebutkan, besaran atau nominal yang akan diberikan yakni Rp315.750 per hektare dari seluruh luasan sawah yang mengalami puso.

Akibat musim kemarau 2014 lalu, kata dia, menyebabkan 3.980 hektare sawah yang ada di Sultra mengalami gagal panen atau puso. Sawah yang alami gagal panen tersebut katanya, terdapat dienam kabupaten yakni Kabupaten Konawe Selatan seluas 1.093 hektare, Kabupaten Konawe 352 hektare.

Kemudian Kabupaten Kolaka seluas 479 hektare, Kabupaten Kolaka Timur 916 hektare, Kabupaten Buton 28 hektare, dan Kabupaten Bombana 22 hektare. “Saat ini sedang dilakukan pendataan petani yang akan mendapatkan bantuan benih ini. Mudah mudahan akhir Maret sudah bisa disalurkan atau didistribusikan,” katanya. (ant)

To Top