Bisnis & Ekonomi

Jangan Beli Apel tanpa Label

Apel-Malang1

Jakarta- Kementerian Perdagangan memberikan peringatan agar konsumen berhati-hati dan tidak sembarangan saat membeli apel.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo menyarankan, masyarakat tak membeli apel tanpa label jenis atau merek.

“Kita tak tahu dari mana asalnya,” katanya, Selasa (3/2). Peringatan ini diberikan karena adanya dua jenis apel dari California, Amerika, yakni jenis Granny Smith dan Gala yang mengandung bakteri mematikan.

Kementerian menemukan 60 kilogram apel Granny dan Gala di Riau yang tak berlabel. Selain itu, menurut dia, ada pula beberapa daerah yang menjual apel tak berlabel.

Menurut dia, pencabutan label diduga menjadi modus baru importir dalam menjajakan apel. Namun modus curang para importir itu dapat berbalik menjadi senjata makan tuan.

“Di Internet, kan, beredar gambar hanya apel warna merah dan hijau, tanpa label. Jadi orang kira justru itu yang berbahaya,” ujar Widodo.

Penggunaan label merupakan standar wajib bagi importir. Apabila importir ketahuan melanggar aturan ini, kata Widodo, dapat dikenakan sanksi.

Apel yang diproduksi oleh Bidart Bros, California, Amerika, dengan kode CA 93312 ini terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Pemakan apel dapat terserang demam tinggi dan mual-mual hingga meninggal apabila terkontaminasi bakteri ini. (net/iis)

To Top