Rehab Cottage Rumah Adat Butuh Rp 1 M – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Rehab Cottage Rumah Adat Butuh Rp 1 M

????????

Kondisi cottage rumah ada beberapa daerah yang dibangun saat pemerintahan Buhari Matta masih dalam kondisi baik menjadi lokasi wisata warga. (foto: dok)

KOLAKA, BKK – Cottage rumah adat Mekongga kini dikembalikan ke dinas pariwsata dan kebudayaan Kolaka, butuh rehab dan membutuhkan dana sekitar Rp 1 miliar.

“Kondisi cattage rumah adat saat ini perlu dilakukan rehab. Kami mengistimasi membutuhkan dana sekitar Rp 1 miliar,” kata Plt Kadis Pariwisata, Hasmito Dahlan, Senin (26/1).

Menurut mantan camat Wundulako ini, setelah pengelolaan cattage rumah adat kembali ditangani pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dari pihak ketiga pertanggal dua Januari 2015, setelah melihat kondisinya, ternyata perlu dilakukan rehab. Meski saat ini cattage tersebut masih bisa digunakan, tapi ada beberapa yang perlu diganti, seperti AC, karpet dan lainnya.

“Saat ini kami sementara membuat rinciannya tuk dilakukan rehab. Kalau bisa sudah dianggarkan pada perubahan anggaran,” harapnya.

Ditanya alasan pemkab Kolaka mengambil alih pengelolaan cattage, Hasmito mengungkapkan bahwa ketiak dikelola oleh pihak ketiga dalam hal ini Zul, beberapa tungakan belum dibayar dan pengelolaannya tidak maksimal. Meski demkian, tidak menuntut kemungkinan cattage rumah adat inipun bisa diberikan lagi kepada pihak ketiga untuk dikelola, yang penting pemasukan tuk PAD jelas.

“Saya tidak tahu berapa PAD yang disetor Zul ke Pemda untuk tahun 2014, karena semuanya langsung disetor melalui Dispenda,” kata mantan Plt. Asisten I Setda Kolaka ini.

Hasmito berharap dengan pengelolaan cattage rumah adat dengan baik, kedepan bisa menjadi penginapan vaforit dengan pemandangan laut yang memukau termasuk bisa melihat sunset, hingga bisa memasukan PAD yang cukup lumayan untuk Pemda, apalagi cattage rumah adat yang dibangun di era Bupati Buhari Matta pada saat pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sultra, mewakili rumah adat semua suku yang ada di Provinsi Sultra. (k4/c/lex)

To Top