Pemkab Gresik Akan Kembalikan Uang Pungli Sekolah – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Pemkab Gresik Akan Kembalikan Uang Pungli Sekolah

Ilustrasi

Ilustrasi

GRESIK, BKK – Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pendidikan (Dindik) bertekad memberantas pungutan liar (Pungli) di sekolah-sekolah.

Pemkab bakal membuat surat edaran dan menindak tegas terhadap sekolah yang terbukti melakukan punguta tanpa dasar hukum. Selain itu uang pungli yang telanjur dipungut oleh sekolah, pemkab bersedia mengembalikannya.

Hal itu disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gresik Tursilowanto Harijogi saat menerima perwakilan massa dari Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia-Konggres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (SPBI- KASBI) Gresik, Senin (26/1).

Saat itu Tursilowanto didampingi Kepala Dinas Pendidikan Nadlif.

Dalam mediasi tersebut dirumuskan beberapa kesepakatan untuk menghentikan pungli di sekolah-sekolah.

Di antaranya, Dinas Pendidikan akan memberikan sanksi kepada kepala sekolah dan akan mengembalikan uang yang sudah dipungut.

“Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Pendidikan akan mengeluarkan edaran secara jelas kepada sekolah-sekolah,” kata Tursilowanto.

Secara teknis, Nadlif menyepakati akan mengembalikan uang pungli di sekolah jikauang tersebut belum digunakan pihak sekolah.

“Jika terbukti ada pungli di sekolah nanti uang akan dikembalikan dan pihak Kepala Sekolah akan diberi sanksi,” kata Nadlif. (bs)

To Top