Bisnis & Ekonomi

Lima Maskapai Ini Paling Banyak Dikeluhkan

Jakarta – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis daftar lima maskapai penerbangan yang paling sering mendapat keluhan dari konsumen.
maskapai
“Lion Air yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat,” kata Ketua Harian YLKI Sudaryatmo, Minggu (25/1).

Menurut Sudaryatmo, YLKI mendapatkan 24 keluhan terkait dengan pelayanan Lion Air sepanjang 2014. Untuk mengatasi keluhan ini, kata dia, dibutuhkan perubahan dan kekuatan regulator.

Maskapai yang berada di posisi kedua dan ketiga dalam peringkat ini adalah Mandala Air dan Indonesia AirAsia. Sudaryatmo mengatakan dua maskapai tersebut masing-masing mendapatkan 6 pengaduan dari masyarakat. Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air berada di posisi empat dan lima, dengan lima jumlah pengaduan.

Sepanjang 2014, YLKI menerima 1.192 pengaduan. Sebanyak 84 pengaduan adalah keluhan terhadap transportasi. Dari seluruh moda transportasi di Indonesia, maskapai penerbangan menuai 61 pengaduan.

Menurut Sudaryatmo, keluhan masyarakat terhadap layanan penerbangan semakin bertambah karena sanksi pemerintah terlalu ringan. Dia memperbandingkan sikap pemerintah dengan negara lain seperti Amerika Serikat, yang tidak segan-segan memberikan sanksi berat bagi maskapai yang tidak memberikan pelayanan yang baik. (lip/iis)

Berikut ini daftar maskapai penerbangan yang mendapatkan keluhan terbanyak sepanjang 2014.
– Lion Air: 24 keluhan
– Mandala Air: 6 keluhan
– Indonesia AirAsia: 6 keluhan
– Garuda Indonesia: 5 keluhan
– Sriwijaya Air: 5 keluhan.

To Top