Juni, Wakatobi Masuk Uji Coba Tol Laut Sabang-Sorong – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Juni, Wakatobi Masuk Uji Coba Tol Laut Sabang-Sorong

Wangi-Wangi, BKK – Direncakan pada Bulan Juni mendatang uji coba Tol Laut Sabang-Sorong yang menjadi salah satu terobosan pembangunanan pemerintahan Jokowi-JK akan segera diuji coba. Dimana Kabupaten Wakatobi sebagai salah satu  kabupaten kepulauan di Sulawesi Tenggara menjadi salah satu destinasi atau daerah peringgahan dalam uji coba Tol Laut ini. Demikian diungkapkan Sekertaris Daerah Kabupaten Wakatobi Drs. Sudjiton, MM disela-sela rapat koordinasi Sekda dan Kepala Bagian Lingkup Setda Wakatobi baru-baru ini.
wakatobimapsmall
Dijelaskan, sesuai dengan surat pemberitahuan yang diterima Pemda Wakatobi dari pemerintah pusat, dalam pelaksanaannya nanti, uji coba Tol Laut Sabang Sorong akan dilakukan dalam bentuk kegiatan pasar mobile. Dimana sejumlah kapal akan mengangkut para pengusaha dan pedagang dari Jakarta dan melakukan  pelayaran dari Sabang di Sumatera sampai Sorong di Papua. Disetiap daerah persinggahan para pedagang ini akan menjual produk yang mereka bawa masing-masing dengan harga standar.

Dikatakan pula tujuan pelaksanaan uji coba ini adalah untuk mengetahui disparitas harga produk dari daerah satu kedaerah lainnya yang dibagi dalam tiga zona yakni Indonesia Barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Selain itu Pemerintah mengharapkan terjalinnya hubungan kerjasama secara langsung antara pengusaha atau produsen dari pusat dengan pengusaha-pengusaha di daerah.

Mantan Kepala Bappeda Kota Baubau ini berharap kegiatan ini akan mampu dimanfaatkan oleh para pengusaha di Wakatobi, sehingga nilai barang di Wakatobi tak lagi mahal seperti sekarang ini. Guna menyambut pelaksanaan kegiatan ini Pemkab Wakatobi telah melakukan berbagai langkah persiapan diantaranya melakukan pembenahan sejumlah fasilitas seperti jalan dan jembatan dilingkungan pelabuhan. (k5/b/lex)

To Top