Beranda

Pemkot Diminta Tegas soal Anak Jalanan

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota Kendari, diminta tegas terkait penanganan anak jalanan yang masih berkeliaran di setiap perempatan jalan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Anggota DPRD Kendari Samsuddin Rahim, Senin (19/1), mengatakan, sejumlah anak-anak masih terlihat melakukan aktivitas di beberapa perempatan yang ada di Kendari dengan modus yang lain.

Karena pemerintah sudah melarang memberi uang di jalan, maka anak jalanan itu melakukan modus lain yakni dengan cara berjualan kerupuk di perempatan jalan atau lampu merah,” kata Samsuddin.

Menurutnya, cara yang dilakukan anak jalanan tersebut tetap tidak dibenarkan, karena menjual itu ada tempatnya bukan di jalanan seperti itu dan mengganggu pengguna jalan.

Selain mengganggu pengguna jalan, juga bisa berisiko buat anak-anak tersebut. Belum lagi kalau menjelang ramadhan atau lebaran, kehadiran anak jalanan ini semakin banyak,” katanya.

Samsuddin meminta Pemkot Kendari lebih tegas dalam membina anak jalanan karena kehadiran mereka mengganggu kenyamanan masyarakat.

Dalam undang-undang sudah ditegaskan kalau masyarakat miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara. Seharusnya Pemkot Kendari melalui Dinas Sosial melakukan upaya penanganan dan pembinaan bagi mereka,” kata Ali Akbar, anggota DPRD Kendari lainnya.

Setiap tahun, katanya, anak jalanan ini semakin bertambah dan bisa datang dari kota mana saja, sehingga pemerintah kota harus segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.
“Sekarang intinya pihak dinas terkait bisa melakukan penertiban dengan melibatkan Satpol PP, karena anggaran untuk penanganan ini sudah ada,” ujar Ali Akbar. (ant)

To Top