Beranda

Jalan Rusak Depan Pasar Baru Membahayakan

KENDARI, BKK – Pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat nampaknya harus lebih waspada dan berhati-hati jika melintas di sepanjang jalan MT Haryono. Pasalnya, banyak lubang dan jalan-jalan sempit di sepanjang jalan tersebut.

Salah seorang polisi lalu lintas yang bertugas di perempatan pasar baru tampak sedang mengatur arus kendaraan yang menumpuk, akibat jalan rusak dan jalanan sempit. (Foto:Wiwid/BKK)

Salah seorang polisi lalu lintas yang bertugas di perempatan pasar baru tampak sedang mengatur arus kendaraan yang menumpuk, akibat jalan rusak dan jalanan sempit. (Foto:Wiwid/BKK)

Seperti yang terlihat di perempatan lampu merah pasar baru, terdapat lubang besar. Ditambah lagi kondisi jalan yang sempit. Kondisi ini mengganggu arus lalu lintas dan dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

Salah seorang pengendara, Hasyim, Jumat (16/1) mengatakan, kondisi jalan rusak seperti ini dia dapatkan hampir di sepanjang jalan saat melintas dijalan MT Haryono.

“Yang lebih parah di bagian perempatan pasar baru ini, dalam sekali itu lubangnya. Jadi kalau kita jalan itu kayak lagi jalan di pinggir jurang,” keluhnya.

Senada dengan itu, petugas lalu lintas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendari, Bripka Rudy, yang hari-hari bertugas di pos lalu lintas perempatan pasar baru, mengatakan, di titik tersebut memang sering terjadi antre panjang dan biasanya terjadi di pagi hari saat jam masuk kantor dan mahasiswa masuk kampus atau pada saat sore hari saat jam pulang kantor atau kampus.

“Memang volume kendaraan di jam-jam tertentu mengalami peningkatan, sering juga terjadi penumpukan kendaraan, kalau pagi hari atau sore hari itu yang kadang-kadang menumpuk sangat panjang di lampu merah, karena banyak kendaraan dari arah kampus yang menuju kota,” jelasnya.

Selain meningkatnya volume kendaraan pada jam-jam tertentu, lanjut dia, penumpukan itu terjadi karena adanya lubang yang cukup dalam yang mempersempit jalan.

“Ini sebenarnya juga masalah kondisi jalan, di perempatan ini kalau belok kiri itu langsung, tapi karena adanya lubang yang dalam jadi kendaran juga melambat, ini dalam sekali loh kalau kita lihat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Ir Ilham Hamra, saat dikonfirmasi mengenai hal ini di kantornya, Jumat (16/1), mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) tentang perbaikan dan perawatan jalan.

“Soal hal ini kami akan segera melakukan koordinasi dengan pihak PU soal perawan dan pemeliharaan jalan, kondisi ini memang tidak bisa dibiarkan saja karean ini menyangkut kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan,” tegasnya.

Kondisi jalan rusak dan berlubang, bukan hanya terjadi di jalan MT Haryono, banyak jalan-jalan yang berlubang dan sudah rusak yang luput dari perhatian pemerintah. (p8/b/jie)

To Top