Beranda

Delapan Sekolah Raih Adiwiyata Nasional

logo-dan-piala-adiwiyataKENDARI, BKK – Sebanyak delapan sekolah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata nasional.

Wali Kota Kendari Asrun, Kamis (15/1), mengatakan, delapan sekolah yang meraih penghargaan teraebut adalah SDN 4 Baruga, SDN 7 Baruga, SDN 4 Mandonga, SDN 5 Mandonga, SDN 9 Mandonga, SMPN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, dan SMAN 6 Kendari.

“Pemerintah Kota Kendari bertekad agar semua sekolah di daerah ini bisa meraih predikat sebagai sekolah berwawasan lingkungan atau sekolah adiwiyata nasional,” katanya.

Asrun mengatakan, upaya mewujudkan sekolah adiwiyata nasional terus menunjukkan hasil yang signifikan selama beherapa tahun terakhir karena dukungan semua pihak.

“Jumlah sekolah berpredikat sekolah berwawasan lingkungan atau adiwiyata di Kota Kendari, terus meningkat setiap tahunnya,” katanya.

Menurutnya, jika tahun 2013 hanya ada tiga sekolah yang meraih predikat adiwiyata nasional, tahun 2014 terdapat delapan sekolah yang mendapat predikat sekolah adhiwiyata nasional.

Ia mengatakan, predikat adiwiyata nasional yang diraih sejumlah sekolah di Kota Kendari sesuai dengan visi misi pendidikan kota ini yakni mewujudkan layanan pembelajaran yang efektif dan berwawasan lingkungan.

“Sekarang kalau kita lihat hampir seluruh sekolah di Kota Kendari dipenuhi dengan tanaman yang membuat sekolah semakin asri dan nyaman. Kita berharap jumlah sekolah penerima adiwiyata ini terus bertambah hingga semua sekolah bisa meraih predikat adhiwiyata,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendari Makmur menyebutkan pada 2012 sekolah peraih predikat adiwiyata hanya dua sekolah, yakni SDN 11 Mandonga dan SMPN 17 Kendari, tahun 2013, menjadi tiga sekolah yakni SDN 1 Baruga, SDN 2 Baruga, dan SMPN 7 Kendari.

“Kemudian pada 2014 bertambah lagi delapan sekolah,” katanya.

Selain meraih predikat adiwiyata nasional, kata Makmur, dua sekolah di Kota Kendari juga berhasil memperoleh predikat adiwiyata mandiri pada 2014, yakni SDN 11 Mandonga dan SMPN 17 Kendari, karena kedua sekolah ini mendapat predikat itu karena dinilai berhasil mendorong sekitar 10 sekolah meraih predikat adiwiyata. (ant)

To Top