Bisnis & Ekonomi

Sajian Kopi Robusta, Racikan ala Vietnam

kopi-bongkar

Begini sajian kopi yang dibawa pelayan bila memesan kopi susu dan kopi hitam. (Foto: Rull/BKK)

KENDARI, BKK– Ada keunikan tersendiri sebagai salah satu ciri khas kedai Kopi Bongkar yang telah berdiri memasuki tahun kedua ini. Ia satu-satunya kedai kopi di Kota Kendari yang menyajikan kopi menggunakan skrip (penyaring kopi) ala Vietnam.

Penggunaan skrip ini hanya pada pesanan kopi hitam dan kopi susu. Skrip berguna untuk meminimalisasi ampas pada kopi. Bila memesan dua jenis kopi tadi, pelayan akan mengantarkan pesanan berupa gelas yang sudah diisi susu, dan skrip vietnam di letakkan di atasnya. Dengan begitu, cita rasa yang dihasilkan akan agak sedikit jauh berbeda dengan warkop lain.

“Penggunaan skrip Vietnam pada kedai kopi kami merupakan sebuah ciri khas tersendiri yang belum dimiliki oleh warkop lain. Ini juga merupakan desain yang kami lakukan untuk memikat pelanggan. Dalam setiap pesanan kopi kami akan disertai dengan toples gula sebab kebebasan rasa ada pada pelanggan untuk menambahnya menjadi lebih manis sesuai selera,” beber Hasan Basri, pemilik Kedai Kopi Bongkar.

Jenis kopi yang digunakan di sini adalah kopi bubuk arabika yang dipesan langsung dari malang. Menurut dia, kopi ini lebih simpel dan memiliki cita rasa tersendiri. Juga disebabkan karena telah banyaknya warkop yang menggunakan jenis kopi robusta.

“Dalam pesanan jenis kopi, kami memilih yang agak berbeda dengan warkop lain. Selain karna kopi arabika memiliki cita rasa yang lebih halus, ini juga untuk pembeda kedai kopi kami denganwarkop lain yang ada di Kota kendari,” ujarnya.

Zul, salah seorang pelanggan Kedai Kopi Bongkar mengatakan, memang benar ada cita rasa yang berbeda antara cita rasa kopi robusta dan kopi arabika.

“Apalagi, lanjut dia, kalau model penyajiannya ala vietnam, ditambah desain ruangan menambah kenyamanan saat nongkrong di kedai ini. Di sudut kanan saat menghadap kasir ada tempat duduk yang disiapkan dengan melantai, ala-ala luar negri,” pujinya.

“Memang saat berada di kedai kopi bongkar ini sangat nyaman. Karena, saya merasa seperti berada di luar indonesia dengan desain suasana ala-ala luar negri gitu. Apalagi model penyajian kopinya yang menggunakan skrip Vietnam, sangat komplit,” katanya.

Masih kata dia, ada banyak hal juga yang membuat pelanggan nyaman untuk nongkrong di sini, selain rasa kopinya yang mantap, bagi para lelaki bujang akan di buat nyaman dengan pelayan yang sangat ramah dan berparas cantik.

Tidak terlepas dari itu juga para pelayan menjunjung tinggi sikap dan norma sebagai seorang wanita berderajat.

“Saya sangat terkesan dengan kedai kopi ini, walau boleh dikata baru seumur jagung, tapi desai ruangan, keramahan pelanggan, terus cita rasa kopi yang luar biasa mantap dengan ala Vietnam sangat pasa untuk semua kalangan. Untuk para istri tidak usah takut, sebab kalau suaminya nongkrong di kedai kopi ini, pelayannya sangat menjujung sikap dan norma mereka sebagi wanita yang berderajat,” tutupnya. (p5/b/iis)

To Top