Sultra Dukung Program Swasembada Beras Nasional – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Sultra Dukung Program Swasembada Beras Nasional

KENDARI, BKK – Dinas Pertanian Provinsi sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan mendukung program swasembada beras nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.
Kepala Dinas Pertanian Sultra, Muhammad Nasir, pekan lalu, mengatakan siap dukungan itu dilakukan khususnya untuk swasembada beras dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan potensial.
deflasi-beras-680x365
“Kami akan memanfaatkan semua potensi untuk mendukung tercapainya program swasebada beras nasional. Pada tahun 2014 peningkatan nilai produksi padi Sultra berada di atas 10 persen dari produksi padi tahun 2013,” ujarnya.

Ia menambahkan, walaupun saat ini Sultra masih berada pada urutan di atas 20 sebagai produsen padi nasional tetapi dengan kerja keras dan kesungguhan, maka swasembada daerah ini akan tercapai.

Menurutnya, selain optimalisasi pemanfaatan lahan potensial yang ada, pihaknya juga akan terus melakukan penyuluhan kepada para petani.

Selain itu juga pihaknya akan mengusulkan penambahan kuota pupuk ke pemerintah pusat untuk pengembangan tanaman padi.

Program swasembada pangan nasional bukan hanya pada tanaman padi, tetapi juga pada kedelai, gula, jagung dan daging.

“Untuk mendukung program swasembada pangan kelima komoditi tersebut kami terus berupaya untuk meningkatkan nilai produksinya tiap tahun,” ujarnya.

Guna mendukung swasembada gula nasional, Pemerintah Provinsi Sultra telah menyiapkan sejumlah lahan potensial yang siap digunakan untuk perkebunan tebu.

Berdasarkan perencanaannya, di Sultra akan dibangun empat pabrik gula yang siap mengolah tebu hasil produksi perkebunan baik itu yang dimiliki pemeritah maupun hasil produksi petani.

Masing-masing parik tersebut rencananya akan di bangun di Kabupaten Muna, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan Kabupaten Bombana.

“Untuk mendukungnya kita akan terus memperbaiki fasilitas pertanian, seperti perbaikan irigasi lahan dan ketersediaan pupuk untuk menunjang peningkatan produksi,” ujarnya. (ant)

Click to comment
To Top