Pemkab Koltim Siapkan Lahan Kantor Kemenag – Berita Kota Kendari
Government

Pemkab Koltim Siapkan Lahan Kantor Kemenag

Kolaka, BKK – Pemkab Kolaka Timur (Koltim) menjanjikan menyiapkan lahan untuk dihibahkan pembangunan kantor Kemenag Koltim.

“Pj. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah sudah memprogramkan ada lokasi yang merupakan asset Pemda Koltim untuk dihibahkan kantor Kemenag dalam waktu singkat, kalau kelembagaan Kemenag di Koltim sudah turun,” kata Kakan Kemenag Kolaka, H. Bustamil pada acara HAB Kemenag, Sabtu (3/1).

Menurut mantan Kepala KUA Tirawuta ini, Pj. Bupati Koltim telah berjanji memberikan alokasi untuk perkantoran Kemenag Koltim, dengan luas satu hektar. Lokasi yang dijanjikan itu berada di areal perkantoran Lalingato-Simbune, satu lokasi dengan kantor Bupati Koltim dan kantor isntansi lainnya.

“Jadi untuk lokasi kantor Kemenag di Koltim sudah tidak ada masalah lagi.”ungkapnya.

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sultra, H. Mohamad Ali Irfan saat melakukan kunker di Kemenag Kolaka diakhir tahun 2014 mengungkapkan, kenapa sampai kelembagaan Kemenag Koltim sampai hari ini belum turun, disebabkan tidak memiliki data kependudukan yang lengkap. Inilah yang membuat dirinya heran tidak turunnya lembaga pengembangan wilayah.

Karena itulah, Kakanwil berjanji akan membawa sendiri data kependudukan Koltim ke Menpan supaya secepatnya turun. Dia tidak mau memberikan tanggungjawab itu pada anak buahnya dengan alasan jika dirinya yang membawanya, akan lebih didengar dan dihargai.

“Bahkan saya mau membawa orang Menpan ke Sultra untuk melihat sendiri dan bukan hanya data”katanya.

Irfan mengaku wacana pengembangan kelembagaan sudah diusulkan tahun 2013 lalu. Karena itu, dia sendiri akan melobi Menpan, serta menyiapkan data untuk tiga Kementerian baru pada Daerah Otonomi Baru (DOB) termasuk Koltim untuk dijadikan bahan analisis, apakah layak Kemenag didirikan atau tidak, dengan perbandingan masyarakat. Selain itu, setelah turun kelembagaan, akan dilakukan lelang pada jabatan kosong, sebab Kakanwil menginginkan pimpinan yang unggul dan berkualitas. (k4/c/lex)

Click to comment
To Top