Government

Gonjang-ganjing Bantuan Pusat Rp 8 Triliun

Unaaha, BKK – Dana stimulan percepatan pembangunan proyek mega industri di Kecamatan Bodoala Kabupaten Konawe dari pemerintah pusat Rp 8 triliun ramai dibicarakan publik.

Opini publik menilai, dana tersebut belum pasti turun, tetapi sudah diumbar-umbar.

Saat dikomfirmasi jurnalis, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Konawe Joni Piisi membenarkan, dana tersebut masih dalam tataran pembicaraan elit.

Meski demikian, belum lama ini pihaknya sudah mendapat instruksi dari Bupati Kery Saiful Konggoasa untuk membuat perencanaan fisik, perbaikan infrastruktur, untuk dikirim ke pemerintah pusat.

“Kita optimislah. Karena, pembicaraan itu langsung dari Presiden Joko Widodo yang menjajikan ke bupati,” katanya.

Dikatakan, jika anggaran tersebut direalisasi itu cukup membantu percepatan pembangunan. Dan, bukan saja di daerah mega industri, tetapi seluruh daerah di Kabupaten Konawe bakal kecipratan.

“Dana tersebut itu besar. Untuk perencanaan yang kita buat saja itu baru bisa mengahabiskan Rp 1 triliun lebih. Padahal sudah semua infrastruktur kita data,” kata Joni Piisi.

Masih kata dia, secara teknis dirinya belum mau mengulas lebih jauh, dengan alasan masih dalam pembicaraan level elit.

“Kalau untuk kewajiban, sudah saya penuhi. Seperti, teknis perencanan, termasuk kelistrikan, dan perbaikan jalan sepanjang 700 kilometer jalan kabupaten,” tuturnya. (k3/c/iis)

To Top