Beranda

Puluhan Pekerja Swasta Dibekali Pengetahuan Narkoba

Kendari, KP – Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia masih menjadi permasalahan nasional termasuk di Kota Kendari. Dalam rangka mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di perlukan berbagai upaya konkrit untuk menekan angka prevalensi penyalahguna narkoba dari semua komponen masyarakatnarkoba.
Peran lingkungan kerja swasta di Kota Kendari sangat  strategis dan memegang peranan penting untuk  membendung penyalahgunaan narkoba yang semakin memprihatinkan. Salah satu aksi nyata dilakukan oleh BNN Kota Kendari adalah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke 22 (dua puluh dua) lingkungan kerja swasta di Kota Kendari. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kerawanan permasalahan narkoba, solusi dan tindakan yang harus segera dilakukan bersama dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” Demikian di katakan Nur Adnan Aga, SKM, M.Kes Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Kendari.

Selain itu, BNN juga telah membentuk banyak kader anti narkoba di berbagai Lingkungan Kerja Swasta, yang diharapkan bisa menjadi corong untuk menyalurkan  pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada orang lain di sekitarnya.

Dalam upaya penanggulangan narkoba salah satu faktor yang tidak kalah penting adalah bidang pencegahan. Dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba, banyak kegiatan BNN yang telah dilakukan seperti sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat, dengan menggunakan perangkat komunikasi elektronik, cetak maupun konvensional, yang mengandung informasi dan pengetahuan tentang bahaya narkoba, pencegahan, serta penanggulangannya.

Awal mula seseorang terjerumus menjadi penyalahguna narkoba adalah dengan coba-coba memakai dan setelah itu mereka tidak dapat lepas dari barang haram tersebut. ”Oleh sebab itu jangan pernah pernah menggunakan narkoba walaupun hanya sekedar mencoba” tegas Nur Adnan Aga.

Ketidak pedulian masyarakat terhadap bahaya narkoba menjadi faktor yang secara tidak langsung berdampak terhadap maraknya penyalahguna narkoba.

Padahal tidak sedikit masyarakat yang memiliki informasi tentang penyalahgunaan narkoba di lingkungannya. Karena bukan keluarganya maka informasi tersebut di diamkan lanjut Nur Adnan. “Padahal sindikat narkoba perlahan-lahan mengintai anak dan keluarga kita, tutur Nur Adnan Aga,” kuncinya. (adv)

To Top