Pengadilan Tipikor Libur – Berita Kota Kendari
Beranda

Pengadilan Tipikor Libur

Kendari, KP – Pemandangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari  sepi. Tak ada aktifitas persidangan seperti hari biasanya.  Pasalnya, sejak beberapa hari lalu  sejumlah hakim yang kerap menangani perkara Tipikor memilih untuk cuti.  Sehingga aktifitas persidangan di Pengadilan Tipikor Kendari dihentikan. Terdakwa kasus dugaan Tipikor yang sedang menjalani proses sidang harus lebih tabah.

pengadilan-tipikor

Ketua PN Kendari, Jarasmen Purba membenarkan hal itu. Ia mengatakan karena sejumlah hakim Tipikor cuti, maka proses persidangan tidak digelar untuk sementara waktu. Bila tidak ada aral melintang, sidang akan kembali digelar 7 Januari mendatang.

Sebab menjelang perayaan Natal dan tahun baru ini, hampir semua hakim Tipikor mengambil cuti. Sehingga proses persidangan untuk memeriksa, menuntut dan mengadili terdakwa tidak dapat digelar.

Ia mengatakan bukan hanya hakim karir yang cuti. Para hakim adhoc pun juga demikian. Jadi jumlah hakim yang masih ada tidak memungkinkan untuk menggelar sidang. Hal seperti ini sudah kerap terjadi menjelang Natal dan tahun baru.

“Majelis hakim juga punya hak untuk cuti. Jadi harus diterima permohonan cuti yang mereka ajukan. Apalagi permohonan cuti yang diajukan telah memenuhi syarat,”ungkapnya.

Saat ini, jumlah hakim Tipikor berbanding terbalik dengan jumlah perkara yang masuk di pengadilan. Jumlah hakim hanya enam orang sedangkan tahun ini perkara yang telah masuk di pengadilan sebanyak 49. Dari jumlah itu sudah sebanyak 35 perkara telah diputus. Sehingga masih tersisa sebanyak 14 perkara  masih tahap  persidangan.

Dari tahun ke tahun, jumlah perkara korupsi yang disidangankan di pengadilan Tipikor Kendari mengalami peningkatan. “Pada tahun 2013, kami hanya menangani 34 kasus. Sedangkan tahun ini kami menyidangkan  49 kasus,”jelasnya.  (dan)

To Top